Indonesia Diserbu Pembalap MotoGP Tim Pabrikan, Ini Jadwalnya

0
Indonesia diserbu pembalap MotoGP
Para pembalap MotoGP rajin bertandang ke Indonesia. Foto: Yamaha

NaikMotor – Indonesia memang belum punya hajat menggelar MotoGP, tapi soal fans dan pasar merupakan salah satu yang paling besar di Asia. Tak pelak Indonesia diserbu pembalap MotoGP, sekadar menyapa fans atau jadi senjata pendongkrak jualan.

Paling segar adalah kedatangan Valentino Rossi dan Maverick Vinales untuk meluncurkan Yamaha Lexi. Duet Movistar Yamaha itu dibajak sebelum melakukan tes pramusim di Sepang, Malaysia, setelah melansir livery baru YZR-M1 di Spanyol.

Rossi memang bukan sekali dua kali datang ke Indonesia. Pembalap gaek itu sudah jadi ‘gacoan’ Yamaha bahkan sejak Komeng masih ngebut pakai Jupiter Z. Sedangkan Vinales merupakan kedatangannya yang pertama setelah pindah dari Suzuki.

Indonesia diserbu pembalap MotoGP
Dovizioso saat riding bareng dengan komunitas Ducati 2015 silam. Foto: Dok NMC

Paket kedua yakni Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo yang dijadwalkan bertandang pada 1 Februari 2018. Duo Ducati Corse itu diundang oleh Shell Indonesia untuk menyapa fans serta sebagai bagian kampanye pelumas berteknologi tinggi.

Dovizioso juga bukan sekali datang ke Indonesia. Pada 2015 ia bahkan sempat riding bareng dua komunitas besar Ducati di BSD City, Tangerang. Sama dengan Dovi, kedatangan Lorenzo juga sudah berulang kali semenjak ia berkostum biru.

Menariknya kedatangan duet Ducati ini bukan atas undangan Ducati Indonesia di bawah PT Garansindo Euro Sport.

Indonesia Diserbu pembalap MotoGP
Iannone dan Rins di acara Official Launching GSX-150. Foto: Dok. NMC

Suzuki juga tidak ingin kehilangan momentum. Andrea Ianonne dan Alex Rins akan datang ke Indonesia pada 3 Februari 2018. Pembalap Suzuki Ecstar MotoGP itu rencananya bakal datang di Suzuki Bike Meet – Jambore Nasional yang akan digelar di Sirkuit Sentul, Bogor.

Keduanya akan datang ke Indonesia setelah menyelesaikan rangkaian tes pramusim dan meluncurkan GSX-R 2018. Makin menarik sebab Iannone dan Rins tidak hanya menyapa fans Suzuki Indonesia tapi juga ada kegiatan riding bareng.

Indonesia Diserbu Pembalap MotoGP
Launching Honda CRF250Rally dihadiri Marquez dan Pedrosa. Foto: Arif

Sama dengan Yamaha, Suzuki dan Ducati, Honda jelas tidak ingin ketinggalan. Lewat teaser resmi yang disebar di media sosial, Astra Honda Motor (AHM) mengonfirmasi peluncuran Honda RC213V terbaru yang bakal digelardi Jakarta 20 Februari mendatang.

Langkah Honda memang berbeda dari yang lain, sebab peluncuran Honda RC213V yang pastinya bakal dihadiri Marc Marquez dan Dani Pedrosa itu sesudah tes pramusim. Sedangkan yang lain livery baru sudah diungkap sebelum tes di Sepang, Malaysia.

Meski tidak punya agenda MotoGP, sudah beberapa kali Tim Repsol Honda membuka livery motor barunya justru di Indonesia. Tagline Honda Indonesia ‘Satu hati’ pun tidak pernah absen ada di motor Marquez dan Pedrosa beberapa tahun terakhir.

Indonesia diserbu pembalap MotoGP memang bukan hal aneh, malah hal yang lumrah, karena fans Indonesia memang luar biasa. Belum lagi jualannya yang sangat besar. Thailand contohnya yang tahun ini menggelar MotoGP di Sirkuit Chang Buriram, penjualan motor nasionalnya hanya 1.8 juta unit sedangkan Indonesia nyaris 6 juta unit.

Tahun lalu A.P.Honda Co yakni APM Honda Thailand berhasil menjual 1.424.000 unit dengan market share 78 persen. Meski secara persentase sangat tinggi namun jumlah jualan unitnya jauh di bawah AHM yang tembus hampir 4,4 juta unit sepanjang 2017.(Agl/nm)

Jadi, bukan berita besar kalau Indonesia diserbu pembalap MotoGP karena APM memanggil mereka di awal tahun setelah tes pramusim. Menyenangkan fans sekaligus jualan tentunya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here