Unik dan Smart, Skuter Lipat Ujet Bertenaga Listrik Hadir di CES 2018

0
Skuter Lipat Ujet Bertenaga Listrik
Smart scooter lipat Ujet bertenaga listrik hadir di CES 2018. Foto:Ujet

NaikMotor – Consumer Electronic Show (CES) 9-12 Januari 2018 di Las Vegas memang selalu menampilkan inovasi baru. Tak terkecuali skuter lipat Ujet bertenaga listrik yang dihadirkan di sana.

Skuter lipat Ujet bertenaga listrik dari Luxemburg itu bukan hanya bisa dilipat seperti folding bike yang ringan tetapi juga smart. Skuter lipat itu berbahan serat karbon dan alloy pada beberapa komponennya.

Ujet digerakkan motor listrik berdaya 4kW pada roda belakangnya. Motor listriknya menghasilkan torsi 90 Nm. Daya jelajahnya cukup jauh antara 70-150 km tergantung model saat baterai terisi penuh.

Uniknya, baterai yang satu rangkaian dengan joknya itu bisa dilepas saat dicharge atau saat transport. Desain uniknya itu tidak sampai di situ, penampilannya pun unik dengan rangka asimetris, dengan titik engsel lipat di tengah.

Demikian pula dengan konstruksi roda, karena roda tidak berputar pada hub atau as, tetapi pada eksternal bushing. Seolah skuter tidak memiliki hub. Tentunya sistem rem pun mengikuti desain itu, sehingga rem cakramnya bermodel perimeter dengan internal kaliper.

Seperti skuter listrik zaman now, Ujet skuter lupat itu smart dengan berbagai teknologi komunikasi. Seperti internet 3G, GPS, WiFi dan Bluetooth, sehingga setting atau diagnosa mekanikal skuter bisa melalui smartphone beraplikasi. Tidak ketinggalan power outlet untuk charging gadget pemiliknya.

Ujet yang diproduksi mulai akhir 2017, baru akan dipasarkan di Eropa dengan harga mulai sekitar Rp 140 jutaan. Dengan pilihan warna: Concorde White, SoHo Grey, Piccadilly Blue, Uptown Black, Bel Air Blue dan Shibuya Gold. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY