Changjiang CJ650 Motor ‘Kolaborasi’ BMW R75 dan Bonneville Bobber

0
102
Changjiang CJ650
Changjiang bersiap turun gunung dengan memperkenalkan CJ650. Foto: Visordown

NaikMotor – Sempat vakum dari dunia roda dua, pabrikan motor asal China Changjiang bersiap turun gunung dengan memperkenalkan model baru. Motor bernama Changjiang CJ650 itu akan punya dua versi dengan tampang jadul bobber dan tambahan sespan.

Melihat tampilannya Changjiang CJ650 cukup menarik dengan tangki besar dan jok single seater. Tangkinya sedikit mengingatkan bentuk Ducati Scrambler, sedangkan yang versi sespan, tempat bocengan itu serupa dengan sespan Ural.

Secara visual tampangnya mirip Triumph Bonneville Bobber. Bedanya suspensi belakang tidak monoshock tapi swingarm konvensional, namun oleh Changjiang dibuat seperti model plunger ala-ala BMW R75 dan motor sejenis di jamannya.

Meski bertampang jadul bukan berarti fiturnya juga jadul. Model purwarupa Changjiang ini dibekali mesin yang cukup modern. Jika Ural ataupun BMW R75 pakai mesin boxer maka motor China ini dibekali mesin 650cc twin paralel.

Changjiang CJ650

Jantungnya adopsi dari mesin CFMoto China, konfigurasinya mirip dengan Kawasaki ER-6 yang mampu menghasilkan tenaga 70hp pada 8.750 rpm dan torsi 46 lb-ft pada 7.000 rpm. Jika dibandingkan sebetulnya lumayan sebab Bonneville Bobber saja hanya 76 hp.

Belum ada rincian kapan Changjiang CJ650 bakal dirilis. Dari gambar yang bocor di www.newmotor.com.cn motor tampak sudah siap masuk produksi. Melihat spesifikasi mesin yang sudah Euro4 motor ini kemungkinan bakal diekspor ke Eropa dan negara lain.

Buat yang jarang dengar Changjiang merupakan merek otomotif lama di China. Model-model awal merekamerupakan motor sespan bergaya militer yang mengadopsi desain BMW R75 era Perang Dunia 2 selama beberapa dekade.

Tapi ketika peraturan emisi mulai ditegaskan pemerintah China, motor boxer 750cc berpendingin udara jelas kalah saing. Changjiang pun terpukul, kini perusahaan punya asa baru dengan menawarkan model sespan bermesin milenial.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*