Ternyata Teknologi Leaning 3 Wheeler Yamaha Niken dari Sini

0
61
Teknologi Leaning 3 Wheeler Yamaha Niken
Leanster Brudeli yang diadopsi teknologinya untuk Leaning 3 Wheeler Yamaha Niken. Foto: Kneeslider

NaikMotor – Yamaha telah meluncurkan model three wheeler Niken di Tokyo Motor Show 2017. Tetapi ternyata teknologi Leaning 3 Wheeler Yamaha Niken itu berasal dari perusahaan Norwegia.

Teknologi Leaning 3 Wheeler Yamaha Niken memang sebelumnya hasil pengembang konsep MWT-9 Leaning Multi-Wheeler (LMW), yang pernah ditampilkan di Tokyo Motor Show 2015. Niken berbasis model MT-09 bermesin 900cc. Mesin crossplane berkapasitas 847cc 3-silinder dan berpendingin zat cair itu memiliki rasio kompresi 11,5:1. Menghasilkan tenaga 115 daya kuda pada 10.000 rpm dan torsi 87,5 Nm pada 8.500 rpm.

Yamaha three wheeler niken
Yamaha Niken ditampilkan di Tokyo Motor Show 2017, hasil pengembangan konsep MWT-9 Leaning Multi-Wheeler (LMW), yang pernah ditampilkan di Tokyo Motor Show 2015. Foto: Yamaha

Sementara teknologi leaning 3 wheeler Yamaha itu ternyata berasal dari Brudeli Leanster, dari Norwegia. Perusahaan Brudeli Leanster mengawali usahanya di garasi didirikan pada 2001 oleh Geir Brudeli dan beberapa temannya, mirip kisah Apple. Pada 2005 mereka berhasil merancang Leaning 3 Wheeler, yang ditampilkan di EICMA 2005.

Rancangan mereka telah didaftarkan pada badan patent sebagai motor Leanster Brudeli 654L dan 625L. Kemudian paten yang didaftarkan atas nama Brudeli Tech Holding AS itu kemudian dibeli oleh Yamaha Motor Co., Ltd., Jepang. Seperti yang diberitakan oleh Kneeslider.

Niken berteknologi Leaning Multi-Wheeler (LMW), agsr tetap stabil saat menikung

“Saya merasa terhormat kalau Yamaha telah memilih teknologi yang kambi kembangkan dari Norwegia,” kata Geir Brudeli, pemilik Brudeli Tech Holding AS. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*