Pertamina Rilis Pertamax Turbo Baru, Apa Bedanya?

0
My Pertamina Loyalty Program

NaikMotor – Mensukseskan rencana pemerintah mengenai standar bahan bakar Euro4 pada 2018, PT Pertamina (Persero) memperkenalkan Pertamax Turbo versi baru. Berbeda dengan sebelumnya, Pertamax Turbo kini sudah Euro4 dan memiliki kandungan sulfur di bawah 50 ppm.

“Pertamax Turbo terbaru memiliki kandungan sulfur lebih rendah maksimal 50 ppm Euro4. Dengan kandungan sulfur rendah maka dampak negatif dari polusi juga semakin rendah,” kata Adiatma Sardjito, Vice President Corporate Communication Pertamina.

Hal ini telah dibuktikan melalui uji emisi yang dilakukan oleh LAPI ITB yang mengindikasikan bahwa dengan spesifikasi terbaru ini  bensin dengan RON 98 itu dapat mengurangi kadar Carbon Monoxide (CO), Hydrocarbons (HC) dan Nitrogen Oxides (NOx).

Pertamax Turbo

Pertamax Turbo versi baru merupakan hasil produksi kilang Refinery Unit (RU) VI Balongan, Jawa Barat. Untuk perdana baru akan tersedia di wilayah Banten, Jakarta dan Jawa Barat, namun ke depan akan diperuas ke Jawa dan seluruh Indonesia.

“Saat ini, Pertamax Turbo dengan spesifikasi terbaru dapat ditemukan secara bertahap pada SPBU di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat untuk selanjutnya juga akan dijual di seluruh Indonesia secara bertahap,” imbuhnya.

Adiatma mengatakan Pertamina akan terus mengembangkan Pertamax Turbo agar sesuai dengan spesifikasi Euro4. Sebab saat ini Pertamina baru bisa menekan kandungan sulfur, sedangkan di Eropa regulasi bahan bakar Euro4 memiliki banyak tingkatan.

“Kami secara bertahap akan terus berusaha mencapai standar BBM kualitas Euro 4 sebagaimana yang telah diterapkan di negara Eropa. Saat ini kami baru menekan ppm, karena di kita juga belum ada regulasinya dari (Kementrian ESDM),” imbuhnya.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*