Jisel Menjelajah Kalimantan 15 Hari dalam Wilderness of Borneo

0
Jisel Menjelajah Kalimantan
Jisel akan menjelajah Kalimantan selama 15 hari dari Pontianak ke Balikpapan. Foto: istimewa

NaikMotor – Ajisela Agripina, seorang lady biker Indonesia akan berpetualang menggunakan sepeda motor di Kalimantan. Jisel menjelajah Kalimantan menjalankan misi pertamanya tersebut untuk mengungkap keindahan pesona alamnya.

Penjelajahan Jisel itu dalam rangka misi Indonesian Adventuress bertajuk Wilderness Of Borneo in 15 Days. Setelah ia keluar sebagai pemenang Castrol Power1 Legendary Bikers Indonesia (LBI) 2017 pada akhir bulan September 2017 lalu.

Dipilihnya Kalimantan sebagai pembuka misinya ini dengan pertimbangan bahwa hingga saat ini tidak banyak petualang bermotor yang ingin, berminat, sanggup atau bahkan pernah berpetualang menjelajah pulau Kalimantan dan menikmati setiap jengkal pengalaman menghadapi liarnya alam Kalimantan. Agar mendapatkan hasil eksplorasi yang maksimal, Jisel menjelajah Kalimantan akan dibantu tim kecil, yang terdiri Adi Aghoy (Field Fixer/Naturalist), Oyik Hart (Videographer/Photographer) dan Gelly (Drone Master/Documentary Support ).

Tema Wilderness Of Borneo in 15 Days dipilih untuk menggambarkan bahwa situasi disana memang tidak mudah, kondisi alam Kalimantan terkenal liar dan banyak para petualang yang tidak siap pulangnya tanpa membawa hasil sesuai harapan. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Jisel, berbekal pengetahuan yang cukup mumpuni dan skill bermotor yang memadai, dia akan menjadi satu-satunya lady biker yang pernah menembus pekatnya rimba Kalimantan.

“Misi perjalanan saya ini bertujuan untuk lebih mengenal dan mencintai Indonesia dengan menjelajah, eksplorasi tanpa batas kekayaan budaya dan kearifan lokal, melihat dari dekat potensi luar biasa alam Kalimantan dari perspektif pengendara sepeda motor dengan menempuh perjalanan ribuan kilometer selama 15 hari,” ujar Jisel.

Jisel menambahkan, bahwa eksplorasi keindahan alam Indonesia adalah salah satu wujud kecintaanyanya terhadap tumpah darah Tanah Air Indonesia. Dia juga menjelaskan selama perjalanan nanti akan sowan bersilaturahmi dengan para bikers dalam bentuk Kopdar atau Kopdargab di beberapa tempat yang disinggahi.

Jisel Menjelajah Kalimantan
Ajisela Agripina, lady biker yang akan menjelajah Kalimantan selama 15 hari. Foto: istimewa

Jisel menjelajah Kalimantan sejak 25 November 2017 dengan mengambil titik start dari Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument yang berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Kalimantan Barat. Sehingga iapun diganjar Piagam Perlintasan Khatulistiwa yang ditandatangani oleh Walikota Pontianak. Jisel akan mengakhiri perjalanannya di Balikpapan. (Rls/NM)

Rute Wilderness Of Borneo in 15 Days – Indonesian Adventuress:
1. Tugu Khatulistiwa Pontianak, Kalimantan Barat pada 25 November 2017.
2. Eksplorasi pertama adalah Danau Sentarum yang berada di pedalaman Putussibau, dengan kondisi jalan yang cukup menantang, yang didominasi oleh jalan tanah merah dan gravel hingga ke perbatasan Indonesia Malaysia di Nanga Badau.
3. Jalan pintas tanah merah melewati perkampungan Dayak Tamambaloh hingga menembus jalur Labirin perkebunan kelapa sawit menjadi rute pilihan berikutnya untuk bisa cepat mencapai Semitau, Kecamatan terdekat dari Sintang dan Sekadau.
4. Eksplorasi beberapa perbatasan Indonesia-Malaysia yang tidak resmi di utara Bengkayang.
5. Kembali ke Jalan Trans Kalimantan dan menyeberangi Sungai Kapuas dengan perahu Kelotok di desa Pesisir Tayan Seulam dan terus maju hingga ke Nanga Tayap.
6. Ketapang menjadi tempat transit sekaligus eksplorasi sebuah kawasan peninggalan sejarah yang nyaris luput dari pemberitaan, yakni Kerajaan Matan Tanjungpura.
7. Kotawaringin Lama, sebuah kota kecil yang telah ada sejak ribuan tahun lalu dan menyimpan kisah sejarah kuno kerajaan terbesar di Barat Kalimantan.
8. Eksplorasi kota Sampit dengan sejarah kelam konflik antar suku, dengan tujuan untuk pembelajaran bahwa persatuan dan kesatuan antara suku bangsa di Indonesia adalah hal yang sangat penting untuk bisa menciptakan suasana aman damai dan sejahtera.
9. Palangkaraya menjadi kota persinggahan sekaligus menjadi lokasi gathering dengan berbagai komunitas/ klub biker di Kalimantan Tengah.
10. Banjarmasin dengan tujuan ke pasar terapung yang sangat unik, disamping menjelajah ke pedalaman desa Cempaka tempat penambangan batu intan yang sangat langka.
11. Eksplorasi Kalang Hadangan (Kandang Kerbau), kandang kerbau yang hidup di rawa-rawa terletak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.
12. Kota Balikpapan menjadi Kota terakhir dari perjalanan misi Wilderness of Borneo in 15 Days.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here