Motor DNA Filters DCR-017 Cafe Racer Custom Berbasis KTM RC8R

0
DNA Filters DCR-017 Cafe Racer Custom
DNA Filters DCR-017 Cafe Racer Custom dibuat untuk promosi produk. Foto: DNA

NaikMotor – DNA Filters DCR-017 Cafe Racer Custom memang dibuat untuk mempromosikan produk filter udara DNA. Tetapi hasilnya tidak biasa bagi sebuah custom, detailnya rumit sempurna.

DNA Filters adalah pembuat filter udara ternama yang berasal dari Athena, Yunani. Produknya banyak digunakan tim balap internasional dalam kejuaraan dunia, seperti GMT94 Yamaha Perancis di World Endurance Championship. Produk mereka juga banyak mendapat penghargaan sebagai produk terbaik seperti dari two reddot award.

Meski sudah terkenal, tetapi sepertinya DNA Filters memilih cara unik mempromosikan produknya, dengan membangun DNA Filters DCR-017 Cafe Racer Custom. Pemasok filter udara yang didirikan Dino Nikolaidis dan anaknya Marios itu mendapat idenya saat EICMA 2016 lalu dan bertekad membangun sendiri motor custom dimaksud.

Cafe Racer custom itu dibangun selama 6 bulan, sejak Desember 2016 hingga Mei 2017. Mengambil basis superbike KTM RC8R yang langsung ditrondoli. Menyisakan sebagian sasis trelis dan mesin.

Kemudian berbagai komponen pun dibuat sendiri di fasilitas pabrik filter udara itu, memanfaatkan mesin CNC yang ada dan perancang 3D CAD milik perusahaan. Terkadang butuh ratusan jam untuk menyelesaikan komponen-komponen custom tersebut. Bahkan bahannya pun tidak main-main, aluminium aeorspace-grade yang mahal.

Seperti tangki bermodel racing 1970-an yang dibuat dalam waktu 400 jam dan membutuhkan 146 kg billet aluminium alloy 5083 H112. Ketebalan dindingnya 2 mm dan dianodized agar tahan oksidasi. Pembuatannya yang demikian rumit itu dikarenakan tangki justru menjadi sentral custom tersebut.

Sebab, tangki membulat berkapasitas 11 L itu kelak akan dibuat berlekuk di bagian atasnya. Pada lekukan itu akan ditempatkan filter udara DNA. Di bagian itu pula akan ditempatkan rumah pompa bensin. Sehingga filter udara itu tampak menonjol dan menjadi pusat perhatian.

Tidak berhenti sampai di sana, DNA Filters DCR-017 Cafe Racer Custom dilengkapi tutup tangki mungil yang merangkap rumah kunci kontak untuk penyalaan. Tentunya untuk keselamatan, tidak ada switch kontak listrik di sana. Tetapi kunci kontak akan direlay dengan teknologi NFC (Near Field Communication) ke kelistrikan motor untuk penyalaannya.

Berbagai komponen lainnya pun pembuatannya tak lepas dari passion dan kepresisian. Seperti ekor tawon, sub frame, pijakan kaki, steering damper bracket, tautan panel instrumen, batok lampu utama, hingga tautan untuk oil cooler dan radiator, bahkan baut pun dibuat sendiri.

Sementara mesin WorldSBK KTM jadul itu kini telah dilengkapi dengan berbagai race kit original KTM, kecuali sistem mapping manajemen mesin yang dikembangkan sendiri oleh DNA. Untuk pembuangan emisi DNA mengandalkan produk Akrapovic Evo4 berbahan Titanium yang dibuat khusus. Mesin memang telah dikurangi dayanya untuk penggunaan jalan raya, mesin KTM 990 cc itu kini menghembuskan 186 daya kuda dan torsi 133 Nm.

Pada komponen suspensi DNA memanfaatkan produk Hyperpro yang memang dibuat khusus untuk DNA Filters DCR-017 Cafe Racer Custom. Sedangkan sistem rem masih menggunakan bawaan aslinya, produk Brembo.

Motor custom dengan bobot 162 kg itu, telah dihadirkan saat EiCMA 2017.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*