Jadwal MotoGP 2018 Qatar Nyaris Tak Ada Balapan Malam Lagi

0
Jadwal MotoGP 2018 Qatar
MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar biasanya berlangsung malam, tetapi pada musim 2018 berubah. Foto: asphalt and rubber

NaikMotor – Ada perubahan mengejutkan karena jadwal MotoGP 2018 Qatar nyaris tak ada balapan malam lagi. Dari rangkaian jadwal hanya tinggal MotoGP yang dijalankan malam hari seperti yang dikabarkan asphalt and rubber.

Jadwal MotoGP 2018 Qatar memang berubah, sebagian besar program akan dilaksanakan lebih awal. Jika biasanya dimulai sore, kini dimulai siang hari. Mulai dari Free Practise, Qualifying hingga Race, akan dimulai siang atau sore, terutama pada kelas-kelas Moto3 dan Moto2. Kecuali kelas MotoGP yang dimulai setelah matahari terbenam, itu pun pada saat warm up dilakukan saat sore hari.

Perubahan jadwal MotoGP 2018 Qatar dikarenakan menghindari kondisi cuaca yang sebelumnya selalu mengganggu Race. Pada saat musim 2017 lalu saja, MotoGP dilakukan dalam kondisi basah, bahkan saat Moto2 berlangsung di tengah hujan. Bahkan kualifikasi di ketiga kelas ditiadakan karena kondisi trek lebih parah akibat banjir. Demikian pula saat musim 2016.

Qatar memang unik meski berada di daerah padang pasir, tetapi malam hari suhu akan turun drastis, dan jika ditambah mendung, maka hujan deras bisa terjadi. Celakanya, saat awal tahun seiring dengan jadwal MotoGP Qatar (183/2018) justru saat kelembaban tinggi terjadi.

Tentu saja perubahan jadwal itu selain tidaklah sepenuhnya menghindarkan dari suatu masalah. Sebab pada FP2 dan kualifikasi Moto3 akan berlangsung menjelang matahari terbenam. Praktis para pembalap pada titik tertentu seperti pada R6, 9, 10, 14 dan 16 akan menatap langsung matahari yang akan tenggelam itu.

Tetapi kabarnya, jadwal baru itu masih sementara, artinya Dorna Sport pun masih memberikan kesempatan kepada tim balap untuk memberikan pertimbangan atau perubahan yang lebih akomodatif bagi semua tim. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*