Sirkuit Sentul Makin Parah, SAATC 2015 Ogah Mampir Lagi

0

ATC-Ogah-Nyentul-oke

Naikmotor.com, Sirkuit Sentul, yang terletak di wilayah Bogor, sempat diharapkan bisa menggelar balapan kelas dunia lagi yang lebih tinggi seperti World Superbike Championship.

Namun alih-alih menggelar balapan kelas dunia seperti itu, balapan di kelas Asia saja yaitu Shell Advance Asia Talent Cup (SAATC) 2014 sudah sangat meragukan kondisi sirkuit. Dari daftar penyelenggaraan SAATC 2015, nama sirkuit Sentul, Bogor tak lagi terdapat di dalamnya.

Sebelumnya Jorge Lorenzo yang sempat melakukan pengetesan di sirkuit tersebut juga mengeluhkan kondisi sirkuit. Meski beberapa pihak menutupinya dengan mengatakan bahwa setup motor mengalami masalah, tapi masalah utamanya bukan itu. Toh Yamaha sudah menyiapkan banyak motor untuk kelas eksebisi itu.

“Kondisi sirkuit sangat bergelombang dan ban bagian yang cukup mengganggu. Sehingga saya tidak bisa memaksimalkan setup motor untuk mengikuti eksebisi balapan di Asean Cup Race,” kilah Lorenzo saat penyelenggaraan event akbar Yamaha awal Desember lalu.

Kalau sudah begini, tentu kita tidak bisa menyalahkan promotor balap atau pun sponsor. Namun pengelola harus ambil peduli. Mereka harus rela berkorban untuk mengeluarkan dana perbaikan. Memang dananya akan sangat besar, tapi jika dibiarkan, bakal makin tak dilirik untuk menyelenggarakan balapan lagi di sana.

Sekarang kabarnya pemerintah DKI Jakarta sedang mencari lokasi untuk membangun sirkuit baru. Tapi itu juga belum tentu bray! kalau sudah ada bukti, kita baru bisa percaya itu. Soalnya, dana pembuatan sirkuit sangat besar, sementara alokasi dana untuk itu, tidak sebesar itu.

Kecuali Pemda DKI Jakarta berhasil membujuk perusahaan swasta untuk berinvestasi, maka itu adalah hal yang sangat positif. Hmm, semoga infonya bukan bo’ongan.

Kalender balap SAATC 2015
22 March Chang International Circuit Thailand WSBK
29 March Losail International Circuit Qatar MotoGP
2 August Sepang International Circuit Malaysia WSBK
20 September Zhuhai International Circuit China Pan Delta
11 October Twin Ring Motegi Japan MotoGP
25 October Sepang International Circuit Malaysia MotoGP
(spy/nm)

LEAVE A REPLY

*