Begini Langkah Memperpanjang SIM C di Polres Jakarta Selatan

0
Memperpanjang SIM C di Polres Jakarta Selatan
SIM C yang telah diperpanjang di Polres Jakarta Selatan

NaikMotor – Bukan karena tengah berlangsungnya Operasi Zebra 2017 hingga 14 November 2017, kru NaikMotor.com memperpanjang SIM C di Polres Jakarta Selatan. Tetapi memang masa berlaku SIM lama sudah dekat, pertengahan November 2017.

Sebenarnya banyak pilihan tempat seperti Gerai SIM di mal, atau Satpas SIM Keliling, bahkan di Satpas SIM Daan Mogot. Tetapi memilih memperpanjang SIM C di Polres Jakarta Selatan karena alasan lebih dekat dari rumah. Selain itu, kabarnya suasananya tidak seramai di tempat lain. Ruang Satpas SIM ada di sayap kanan gedung Polres dari pintu gerbang.

Karena Satpas SIM Polres Jaksel dibuka pada jam 08.00 WIB, kami datang lebih pagi berharap bisa lebih awal antri. Tetapi ternyata kecele, karena nyaris tidak ada antrian. Tepat pukul 08.00, petugas informasi menyilahkan kami ke ruang perwakilan BRI untuk membayar biaya SIM C sebesar Rp 75 ribu. Jangan lupa perlihatkan SIM C lama dan foto Copy KTP (e-KTP). Kemudian ke loket sebelahnya untuk membayar asuransi kecelakaan diri sebesar Rp 30 ribu.

Selanjutnya datangi loket pendaftaran SIM, meminta form isian sambil perlihatkan bukti pembayaran dan asuransi. Form isian cukup diisi bagian depannya saja, dan ditanda tangani. Jadi jangan lupa untuk membawa pulpen/ballpoint. Sebelum mengembalikan form isian periksa kesehatan dulu di klinik yang berada di luar, yang sebenarnya berposisi di belakang loket BRI. Kemudian periksa apakan form isian sudah lengkap dengan SIM C lama (asli), fotocopy KTP, form pembayaran dari BRI dan surat keterangan sehat dari dokter.

Saat periksa kesehatan pun singkat, dokter hanya menyuruh kita menimbang berat badan dan bertanya apakah kita berkacamata. Kemudian membaca papan huruf dan kartu-kartu berisikan angka-angka blur. Syukurlah dinyatakan sehat, kemudian membayar biaya periksa sebesar Rp 25 ribu.

Singkatnya setelah semua berkas diserahkan kembali ke loket pendaftaran SIM, kita dipersilahkan menunggu di depan ruang foto dan sidik jari. Usai difoto dan diambil sidik jari, pertama 4 jari kanan dan kiri, dua jempol, dan jempol kanan. Serta contoh tanda tangan di atas tablet, perpanjangan SIM C di Polres Jakarta Selatan pun rampung. Sebab hanya tinggal tunggu print SIM C baru yang berlaku 5 tahun, dan dipanggil di loket pengambilan SIM Baru.

Semua proses berlangsung cepat di luar antrian foto dan print SIM Baru, kurang dari 20 menit saja.

Jangan lupa beberapa catatan penting berikut: SIM yang diperpanjang di Polres Jaksel hanya SIM A dan C (serta D). Masa berlaku SIM belum habis dan maksimal 14 hari sebelum masa berlakunya habis. Jika sudah lewat 1 hari saja harus diperbaharui (ujian lagi) di Satpas SIM Daan Mogot. (Afid/nm)

Berkas yang harus disiapkan saat memperpanjang SIM C di Polres Jakarta Selatan:
KTP (e-KTP) dan Fotocopynya bagian datanya saja 2 buah.
SIM C lama asli
Alat tulis

Biaya:
Biaya perpanjangan SIM C Rp 75.000
Baya asuransi kecelakaan diri Rp 30.000
Biaya periksa kesehatan Rp 25.000

Berkas saat pendaftaran:
Form isian permohonan SIM
Bukti pembayaran perpanjangan SIM dari BRI
Bukti pembayaran asuransi
Surat keterangan dokter
Foto copy e-KTP
SIM C lama asli

LEAVE A REPLY

*