Cara Ekstrem VRCI Bekasi Imbau Pengendara Menghargai Pejalan Kaki

0
Cara VRCI Bekasi Imbau Pengendara Menghargai Pejalan Kaki
Kampanye selamatkan Pejalan Kaki digelar VRCI Bekasi di trotoar. Foto: istimewa

NaikMotor – Verza Rider Community Indonesia Region Bekasi (VRCI Bekasi) merasa prihatin atas nasib pejalan kaki, karena trotoar sering diserobot pengendara motor tanpa memperhatikan keselamatan mereka. Maka ini cara VRCI Bekasi imbau pengendara menghargai pejalan kaki.

Dengan tema kampanye “Selamatkan Pejalan Kaki” di trotoar Jalan KH Noer Ali, dari arah Jakarta ke Bekasi dari siang hingga senja Minggu (29/10/2017), para anggota VRCI Bekasi. Cara VRCI Bekasi imbau pengendara menghargai pejalan kaki cukup ekstrem, mereka berbaring di trotoar mengadang penyerobot trotoar hak pejalan kaki.

Hal itu dilakukan karena banyak pemotor yang tidak peduli terhadap nasib pejalan kaki. “Banyak pemotor yang tidak peduli terhadap nasib pejalan kaki. Mereka tanpa bersalah merampas hak pejalan kaki dengan mengendarai sepeda motor di atas trotoar. Pemotor berusaha menghindari jalur macet di jalan raya. Semoga kampanye kami yang sederhana ini dapat mengetuk hati para pemotor agar mau menghargai hak para pejalan kaki,” kata Wakil Ketua Umum VRCI Bekasi, Randy Prayoga di sela acara kampanye.

Aksi kampanye VRCI Bekasi dilakukan di antara Apotek Kharisma dan warung makan Mie Aceh, tepat seberang Metropolitan Mall, Bekasi. Dalam kegiatan itu, enam personel VRCI Bekasi saling berbagi tugas. “Dua orang tidur di atas trotoar. Kemudian, dua orang bertugas untuk mengambil foto dan sisanya mengajak pejalan kaki untuk menandatangani spanduk yang berisikan ajakan untuk menghormati pejalan kaki,” tutur Randy.

Saat aksi belum digelar, masih terjadi sejumlah pelanggaran. Namun, setelah dua anggota VRCI Bekasi tidur di atas trotoar untuk menghadang pemotor, pelanggaran pun mulai berkurang.

Sementara itu, Rio Winto, mentor VRCI Bekasi dalam Safety Campaign Award 2017, menjelaskan, kegiatan yang dilakukan VRCI Bekasi bisa diikuti oleh kelompok pengguna sepeda motor lainnya dalam menyebarkan virus keselamatan jalan.

“VRCI Bekasi adalah kelompok pengguna sepeda motor. Namun, mereka memiliki kepedulian untuk mengimbau para pemotor agar tidak merampas hak pejalan kaki. VRCI Bekasi sudah berusaha menjadi agen keselamatan jalan. Tindakan dan sikap mereka perlu diapresiasi,” pungkas Rio. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*