Ride for Heroes, Misi Mulia RORI Susuri Jejak Perjuangan Para Pahlawan

0
RORI
Ekspedisi bertajuk Ride for Heroes ini bertujuan untuk menelusuri serta mendokumentasikan beberapa situs historis perjuangan bangsa Indonesia. Foto: Gilang

NaikMotor – Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh tiap tanggal 10 November, komunitas penggemar motor Royal Enfield yang tergabung dalam Royal Riders Indonesia (RORI) akan melakukan touring dari Jakarta-Surabaya untuk merekam jejak perjuangan para pahlawan.

Ekspedisi bertajuk Ride for Heroes ini bertujuan untuk menelusuri serta mendokumentasikan beberapa situs historis perjuangan bangsa Indonesia. Sebanyak 20 anggota RORI akan melewati jalur selatan Pulau Jawa ke tempat-tempat bersejarah.

Sutan Manurung, Koordinator Utama Ekspedisi Ride for Heroes mengatakan, Ride for Heroes bukan sekadar touring untuk bersenang-senang. Melainkan tapi punya arti tersendiri yakni bagaimana memaknai jasa pahlawan yang sudah gugur demi kemerdekaan RI.

RORI

“Jalur yang akan kami tempuh bukan jalur wisata tapi jalur yang memang punya makna dalam perjuangan kemerdekaan RI, dan para rider yang ikut ekspedisi ini mengeluarkan uang sendiri untuk perjalanan ini demi menghargai jasa para pahlawan,” katanya.

Santos Winarso Dwiyogo, Tim Survei Ride for Heroes mengatakan, salah satu rute bersejarah yang akan dilewati yaitu rute hijrah Pasukan Siliwangi dan rute long march gerilya yang dilakukan Jendral Soedirman saat perang mempertahankan kemerdekaan.

RORI

“Kita start dari Jakarta, kemudian ambil ke selatan Jawa Barat, jalur ini merupakan jalur hijrah Pasukan Siliwangi setalah Indonesia ‘kalah’ di Perjanjian Renville 1948. Kemudian masuk ke Jawa Tengah kita susuri jalur Jenderal Soedirman. Cuma tidak kita ikuti sampai habis,” katanya.

Anggota ekspedisi akan memulai perjalanan dari Jakarta (7/11/2017) dan finis di Surabaya pada (12/11/2017). Mereka akan ditemani oleh beberapa rider dari klub Bikers Brotherhood Jakarta Chapter (BBMC) dan Seafarer Comrades Motorcycle Club.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*