Ini Rahasia Galang Hendra Menang di Jerez, Main Game dan Asian Style

0
Galang Hendra
Satu bulan sebelum berangkat ke Jerez, Galang Hendra ternyata sudah rajin latihan di sirkuit virtual lewat game konsol Playstation. Foto: Gilang

NaikMotor – Satu bulan sebelum berangkat mengikuti balapan seri terakhir World SuperSport 300 (WSSP 300) akhir pekan lalu Minggu (22/10/2017) di Jerez, Spanyol, Galang Hendra ternyata sudah rajin latihan di sirkuit virtual lewat game konsol Playstation.

“Saya pertama kali balapan di sirkuit Jerez dengan belajar racing line menggunakan game PlayStation berkali kali untuk memahami sirkuit Jerez. Bisa dibilang saya latihan ribuan lap di Jerez, dan pas balapan 80 persen real,” kata Galang Hendra.

Selain pakai konsol, pembalap yang pernah mengenyam latihan di markas Valentino Rossi VR46 Academy Riders ini juga memainkan balapan menggunakan simulator. “Saya juga latihan pakai simulator, tetapi cuma melihat videonya saja untuk lebih mendapatkan feeling-nya,” imbuhnya.

Galang Hendra

Setelah lumayan hafal Jerez meski hanya dari game, perjuangan Galang dimulai ketika race berlangsung. Seperti diberitakan sebelumnya, Galang mengatakan balapan di Eropa tidak ‘sekeras’ di Asia. Pembalap Eropa relatif masih sopan tidak main sikut.

“Di race sangat ketat, banyak tekanan dari rider lain, memang ada sedikit senggolan. Tapi saya pakai Asian style. Jujur saja lebih keras Kejurnas IRS dibanding di sana kalau buat senggol-senggolannya. Saya hanya coba untuk terus fokus,” katanya.

Galang Hendra

Determinasinya pun membuahkan hasil. Galang meraih podium tertinggi setelah menyalip Scott Deroue (MTM HS Kawasaki) sesaat sebelum garis finis. Ia merupakan pembalap Indonesia pertama yang podium satu di kejuaraan dunia dan pembalap Asia pertama podium di WSSP 300.

“Saya terus mencoba tetap tenang agar tidak ada kesalahan dan membuat saya jadi bisa berspekulasi di trek lurus menjelang finis. Kalau saya paksa di tikungan terakhir sebelum finis, pasti di trek lurusnya saya tidak dapat momen,” pungkas Galang.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*