Elektronik Penyebab Marquez Tercecer di Kualifikasi Mugello

0
Momentum yang membuat Marquez nyaris terjatuh di sesi kualifikasi
Momentum yang membuat Marquez nyaris terjatuh di sesi kualifikasi
Momentum yang membuat Marquez nyaris terjatuh di sesi kualifikasi

Mugello (naikmotor) – Tidak lolos di sesi kualifikasi 1, bagi pembalap seperti Marc Marquez, mungkin akan sangat aneh. Lantaran pembalap muda asal Spanyol itu potensinya sangat besar. Namun itulah fakta yang terjadi ketika menjalani sesi kualifikasi MotoGP Italia, pada Sabtu (30/5) di Sirkuit Mugello.

Dari rencana awal hanya turun sebanyak 1 kali hot lap, Ia malah mengalami masalah besar. Di hot lap pertama, Ia gagal melakukan pengereman sempurna di zona pengereman di tikungan pertama. Kemudian yang lap kedua, ban belakang motornya tak mendapat grip yang cukup saat bermanuver di seputar sektor ketiga.

Marquez pun menegaskan bahwa ini adalah efek dari keputusan tim untuk fokus melakukan riset pada sistem elektronik. “Pagi hari ketika menjalani sesi latihan ketiga, kami lebih fokus pada ban. Anda pastinya tahu, kalau fokus melakukan riset pada bagian elektrik, Anda harus terus menggunakan ban yang sudah tua. Jujur ban yang saya gunakan di sesi FP3 adalah ban pada hari Jumat kemarin,” ujar Marquez.

Marquez sempat sesumbar bahwa Ia hanya butuh satu kali hot lap saja untuk berada di puncak lap tercepat sesi Q1. Namun faktanya Ia kesulitan karena ada masalah lain. Lantaran mereka belum melakukan persiapan setup untuk sesi kualifikasi. Hasilnya, Marquez sempat nyaris terjatuh.

“Saya menjalani sesi kualifikasi, seperti layaknya menjalani sesi ini sebelumnya. Tapi ternyata grip belakang yang sangat minim, membuatku tak bisa tampil normal. Tapi kami yakin bisa tampil lebih baik di sesi balapan. Sekarang bagaimana caranya pasang strategi start terbaik agar tidak ketinggalan jauh dari rombongan pembalap di depan,” pungkasnya. (Spy/NM) Foto: Crash Media

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here