Sebentar Lagi Motor BMW Motorrad, Honda dan Yamaha Bisa Saling Berkomunikasi

0
BMW Motorrad, Honda dan Yamaha Bisa Saling Berkomunikasi
Dengan V2V Communication motor BMW Motorrad, Honda dan Yamaha bisa saling bertukar informasi. Foto: BMW Motorrad

NaikMotor – Koneksi antarmotor berbeda merek akan terjadi, setelah Connected Motorcycle Consortium Meets di Munich pertengahan Oktober 2017. Sehingga sebentar lagi BMW Motorrad, Honda dan Yamaha bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi lalu lintas antarproduk mereka di jalan.

Connected Motorcycle Consortium telah dibangun sejak beberapa tahun lalu oleh ketiga merek besar itu. Bahkan kabarnya, konsorsium untuk vehicle to vehicle (V2V) communication itu mulai menarik minat pabrikan Kawasaki dan KTM.

Saat pertemuan dan penampilan hasil kerja konsorsium itu di Munich, masing menampilkan contoh produk yang bisa saling terkoneksi informasi itu. BMW Motorrad misalnya membawa R1200RS Connected Ride yang bersanding dengan Honda CRF1000L Africa Twin dan Yamaha Tracer 900 (FJ-09), semuanya telah dilengkapi sistem V2V yang sama.

Hasil pertemuan yang didukung ACEM, asosiasi pabrikan Eropa, bahkan menyebutkan mereka berharap setiap anggota ACEM pada 2020 sudah melengkapi produknya dengan kemampuan C-ITS (Cooperative Intelligent Transport Systems) yang memungkinkan melihat dan terlihat kendaraan lain di jalan. Tujuannya, mengurangi kecelakaan lalu lintas, dan efisiensi dengan pilihan rute yang bebas macet. Sehingga bukan lagi hanya antar BMW Motorrad, Honda, dan Yamaha bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi lalu lintas. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here