Ojo Dumeh, Trike Kustom Lucky Draw Kustomfest 2017 Paduan Seni dan Teknologi

0
Trike Kustom Lucky Draw Kustomfest 2017
Kustomfest 2017 - No Boundaries mempersembahkan trike kustom bernama Ojo Dumeh sebagai lucky draw. Nama yang memiliki arti 'Jangan merasa sebagai yang paling atau mentang-mentang' dalam bahasa Jawa. Foto: Gilang

NaikMotor – Berbeda dengan tahun lalu dimana hadiah pengunjung berupa motor kustom chopper ‘Kebo Bule‘, maka Kustomfest 2017 – No Boundaries mempersembahkan trike kustom sebagai lucky draw. Motor itu diberi nama Ojo Dumeh, yang memiliki arti ‘Jangan merasa sebagai yang paling’ dalam bahasa Jawa.

Lulut Wahyudi, Director Kustomfest sekaligus punggawa Retro Classic Cycles mengatakan, Ojo Dumeh merupakan salah satu nasehat paling terkenal dari Kiai Semar, tokoh dari dunia pewayangan yang berperan sebagai pengasuh, melayani, penghibur dan yang menjaga para Pandawa.

Trike Kustom Lucky Draw Kustomfest 2017

“Salah satu nasehat Semar adalah ‘sopo sing dumeh bakal keweleh, sopo sing adigang bakal keplanggrang.’ Di saat sekarang yang serba hiruk pikuk, pesan Semar sangat relevan. Semoga dengan lucky draw Kustomfest 2017  ini mengingatkan kita bahwa bumi berputar, kadang di atas kadang di bawah, Ojo Dumeh. Trike ini asli karya anak bangsa dan kami buat dengan standar tinggi pada pemilihan parts dan pengerjaannya,” kata LT, sapaan akrabnya.

Lebih jauh, Ojo Dumeh kata Lulut merupakan perwujudan dari tema Kustomfest 2017 – No Boundaries yang berarti ‘tanpa batasan.’ Lulut sengaja membuat motor roda tiga, setengah motor-setengah mobil, karena ingin berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang menggabungkan utilitas motor dan kemewahan mobil.

Trike kustom Ojo Dumeh juga mendapat sokongan dari kompetisi motor custom Suryanation Motorland sebagai salah satu sponsor Kustomfest 2017. Karenanya saat peluncuran Lulut juga ditemani Ari Kusumo Wibowo, Brand Manager Surya dari PT Gudang Garam Tbk, Suryanation Motorland.

Pemicu tenaga mengadopsi mesin Buell 1200cc. Tidak tanggung-tanggung, pada rancang bangun sektor depan Lulut membuat Ojo Dumeh berperawakan chopper era 70-an tapi di belakang beroda dua. Spesialnya, dua roda itu menggunakan trans axle, as roda dan suspensi belakang independent milik mobil Porsche 914 produksi tahun 70’an.

“Jadi saya ambil differential shaft milik Porsche. Kemudian gimana caranya itu bisa dipakai dan disambungkan pakai rantai. Saya hanya pakai gigi satunya saja. Nah proses pakai rantai itu juga salah satu letak kustomnya, karena saya harus buat cover dan dudukannya dimana dift saft-nya mesti terendam oli,” kata Lulut.

Keunggulan memakai trans axle mobil kata Lulut, Ojo Dumeh jadi mudah dikendarai. “Contohnya saat motor belok ke kiri, selain suspensi main independent, roda belakang kanan akan berputar lebih cepat dari roda yang kiri. Jadi ban kiri tidak ngangkat, bahkan bisa sliding-sliding,” imbuhnya.

Terakhir yakni soal detailing, warna candy apple red glitter sengaja dipilih sebagai wujud terima kasih kepada sponsornya yakni Suryanation Motorland. Kemudian ada tulisan ‘Built In Hell By Retro Classic Cycles’ di downtube kanan, dan ukiran ‘Kustomfest 2017- No Boundaries’ di cover rocker arm mesin.

“Cat kita kirim ke Danny Hacka-Solo dan hand engraving di mesin oleh David Stone-Mojokerto. Proses ukirnya pun penuh perjuangan, saya paksa David buat mengukir langsung di motornya. Jadi cover rocker arm-nya tidak dilepas, tapi langsung dipahat di motor. Kalau salah enggak bisa diedit,” pungkasnya.

Mau bawa pulang trike kustom Ojo Dumeh? tinggal datang ke Jogja Expo Center pada 7 – 8 Oktober 2017 sambil menyiapkan uang untuk tiket masuk sebesar Rp 50 ribu. (Agl/NM)

Spesifikasi Ojo Dumeh, Lucky Draw Kustomfest 2017 – No Boundaries:

Frame
Frame: Trike tubular frame 2,5 inci dengan rake 3,5 derajat custom by Retro Classic Cycles
Rear End: independent rear suspension form Porsche 914
Differential: Chain custom hand made by Retro Classic Cycles
Rear axle: Velocity joint, fabrication by Retro Classic Cycles

Engine:
Engine: Harley Davidson Buell 1200cc yang telah dikonversi dari injeksi ke karburator
Ignition: Dual ignition system, by Harley-Davidson
Charging System: Stock Harley-Davidson Buell
Intake Manifold: S&S
Carburator: S7S Super E Shorty
Exhaust: 2 in 2 freeflow, truckin style, design and fabrication by Retro Classic Cycles

Transmision
5-speed Harley-Davidson Buell

Body:
Gas tank: Steel gas tank by Retro Classic Cycles
Oil tank : Oval steel by Retro Classic Cycles
Differential side cover: Alumunium by Retro Classic Cycles

Suspension:
Front: Springer 4 inch over, chrome
Rear: Kayaba, chrome springs, adjustable

Wheels and Tires
Front wheel: Spoke wheel, brakeless 21 inch
Front tires: Avon speedmaster
Rear wheel: 16 inch x 4,5 inch
Rear tires: Firesone white wall for cars

Brake System:
Front: Brakeless
Rear: Stock Brembo, Harley Davidson

LEAVE A REPLY