Sambut Honda Bikers Day, Wahana Beri Pelatihan Basic Life Support ke Komunitas

0
Basic Life Support
Menyambut Honda Bikers Day, PT Wahana Makmur Sejati bekali anggota Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) ilmu Basic Life Support dan safety riding. Foto: Wahana

NaikMotor – Menyambut Honda Bikers Day yang digelar 14 Oktober mendatang di Yogyakarta, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Main Dealer motor Honda Jakarta Tangerang, bekali anggota Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) Basic Life Support dan safety riding.

Bertempat di Safety Riding Training Center Wahana, Jatake Tangerang, Sabtu (30/9/2017), sebanyak 100 orang anggota AHJ mengikuti kegiatan pelatihan basic life support yakni Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

Pelatihan ini penting diketahui oleh para anggota komunitas Honda yang ‘kecanduan’ melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor termasuk AHJ. Terutama mereka yang akan menuju Honda Bikers Day 2017 di Lapangan Udara Gunung Kidul, Yogyakarta.

Basic Life Support

“Tidak menutup kemungkinan, perjalanan jauh dengan sepeda motor rentan dengan kecelakaan baik yang di sebabkan oleh diri sendiri ataupun kondisi di jalan,” papar PIC Community Development Wahana, Agus Sigit.

Selain safety riding, Wahana juga membekali dengan edukasi cara penanganan jika ada kecelakaan. Praktek langsung penanganan kecelakaan mulai dari cara membuka helm, memeriksa kondisi korban hingga tindakan awal seperti luka dan patah tulang.

“Meski terlihat sepele, namun pengetahuan ini dipastikan dapat menjadi penyelamat pada saat gawat darurat kecelakaan di jalan raya,” tambah Sigit.

Basic Life Support

Agus Sani, Head Safety Riding Promotion Wahana menambahkan, sosialisasi berkendara aman kepada komunitas sepeda motor bukan sekadar skill safety riding. “Anggota komunitas juga wajib anut prosedur berkendara aman yang lain,” katanya.

Selain kemampuan berkendara, diperlukan juga penggunaan pakaian berkendara (riding gear) yang aman dan mengecek kondisi motor secara teliti sebelum touring. Ketiga hal tersebut juga masih perlu ditunjang dengan kondisi badan yang fit agar perjalanan bisa makin aman.

“Setelah skill, riding gear dan kondisi kendaraan, seluruh persiapan touring harus di dukung dengan kondisi pengendara yang sehat,” pungkas Agus Sani.(Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*