Sah! VW Group Memutuskan Tidak Akan Menjual Ducati

0
VW Group Memutuskan Tidak Akan Menjual Ducati
VW Group induk dari Ducati Ducati Motor Holding S.p.A memutuskan tidak akan menjual Ducati kepada siapapun. Foto: insella.it

NaikMotor – VW Group memutuskan tidak akan menjual Ducati kepada siapapun. Induk Audi sebagai pemilik Ducati Motor Holding S.p.A itu menghentikan ‘beauty contest’ karena adanya desakan kuat dari kelompok buruh yang menginginkan Ducati tidak dijual kepada pihak asing.

Bruno Papignani, Regional Head FIOM CIGL union, yakni serikat buruh di VW Group mengatakan, CEO Ducati Claudio Domenicali mengatakan kepada para karyawan Jumat lalu (29/10/2017), bahwa Dewan Pengawas VW Group memutuskan tidak jadi menjual Ducati.

“IG Metall bertahan dan membantu para pekerja Ducati dalam permintaan mereka untuk tetap berada dalam Grup VW, yang harus terus berinvestasi di perusahaan kami. Claudio mengatakan Dewan Pengawas VW memutuskan untuk menghentikan proses penjualan,” katanya.

Sebagai holding, VW Group menilai menjual Ducati merupakan langkah untuk mendapat dana segar sebagai imbas kasus DieselGate dimana perusahaan harus mengganti setidaknya USD 2,5 miliar untuk membeli kembali atau retrofit mobil diesel yang tercemar di Amerika Serikat.

VW Group Tidak Akan Menjual Ducati
Ducati Multistrada akan memiliki varian lebih bertenaga, Multistrada 1260. Foto: Ducati

Kabar Ducati akan dijual sudah merebak sejak akhir tahun 2016. Dalam beauty contest, Ducati dikabarkan telah memilih lima penawar terbaik Juli lalu dan akan mengumumkannya pada Oktober setelah rapat Dewan Pengawas VW Group digelar.

Salah satu dari lima penawar itu ialah pemilik Royal Enfield, Eicher Motors. Konglomerat India itu merupakan satu-satunya perusahaan Asia yang lulus sertifikasi dan dikabarkan mengajukan tawaran USD 1,8 miliar atau setara Rp 23,7 triliun untuk mengakuisisi Ducati.

Sumber anonim Reuters mengatakan, Bajaj Auto, India Hero MotoCorp dan TVS Motor Company pada awalnya juga menyatakan ketertarikannya pada Ducati. Namun, niat itu langsung luntur saat mengetahui banderol yang diberikan Audi untuk Ducati.

Selain Eicher Motors, Harley-Davidson juga diketahui tertarik meninang Audi, bahkan dikabarkan sudah menyiapkan tawaran 1,5 miliar Euro atau setara Rp 22,83 triliun. Kemudian ada beberapa perusahaan lain, salah satunya perusahan fashion asal Italia Benetton.

Sebagai informasi, Audi membeli Ducati dari perusahaan investasi Italia Investindustrial dengan harga sekitar 860 juta euro pada tahun 2012. Investindustrial sendiri mengambil alih saham Ducati dari perusahaan ekuitas swasta lainnya, TPG, pada tahun 2006.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*