Motor China Loncin DS8 Bermesin BMW G650GS Model Lama

0
Loncin DS8
Selain merilis Loncin HR7 di pameran CIMA di China, pabrikan juga memperkenalkan motor adventure tourer mereka bernama Loncin DS8. Foto: Pictures: newmotor.com.cn

NaikMotor – Selain merilis Loncin HR7 di pameran CIMA di China, pabrikan roda dua Tiongkok itu juga memperkenalkan motor adventure tourer bernama Loncin DS8. Jika mesin HR7 identik dengan Honda CBF500, maka jantung DS8 ini mirip dengan BMW G650GS

Makin menarik karena mesin ini sebetulnya bukan benar-benar baru. Pada 2012 lalu Loncin sudah pernah memakai mesin ini di model street figther mereka bernama LX650. Namun buat yang dipakai di Loncin DS8 ini agaknya telah mendapat sedikit revisi.

 Loncin DS8

Seperti diketahui BMW memutuskan sudah tidak lagi memproduksi mesin 1 silinder berkapasitas 650cc. Dengan Loncin DS8 memakai mesin 650cc tersebut, maka motor China ini bisa dibilang head to head dengan Husqvarna TR650 yang juga sudah pensiun 2014 lalu.

Terlepas dari sususan mekanikal, tampilan Loncin DS8 cukup menarik. Desainnya memang masih terkesan mencontek beberapa merek Eropa dan Jepang, namun proporsinya sudah berkembang jauh dari patokan-patokan model China yang terkesan kaku.

 Loncin DS8

Headlamp cukup menggoda dengan elemen seperti lampu sorot terbalik. Sasisnya susunan baja berbentuk tabung, dengan swingarm aluminium di bagian belakang dan fork USD di depan. ABS jelas dipasang, dan juga tambahan ‘mata kucing’ di fork depan.

 Loncin DS8

Spesifikasi mesin 4-tak, 1-silinder, 4-valves, 2 overhead camshafts menghasilkan 50 hp dan torsi 37 lb-ft pada 5.500 rpm. Rincian itu sama dengan BMW G650GS lama, dan seperti yang diperkirakan bobot motor pun tidak jauh berbeda yakni 198 kg.

Soal fitur dibekali seperangkat instrumen LCD dan soket pengisian daya lewat colokan USB. Terakhir, Loncin belum merilis harga, maupun rencana kapan produksi dan apakah bakal di ekspor ke luar China. Namun sepertinya banyak yang menunggu.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here