Vespa Sei Giorni, Legenda Kejayaan Balap Era 50-an

0
Vespa Sei Giorni, Legenda Kejayaan Balap Era 50-an
Vespa Sei Giorni tampil memukau pengunjung Indonesia Scooter Festival 2017. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor — Bagi para pecinta Vespa menjadi suatu kebanggaan tersendiri jika memiliki Vespa Sei Giorni. Selain bentuknya klasik dan langka, tipe ini memiliki sejarah dan menjadi legenda kejayaan balapan scooter di era 50-an.

Vespa Sei Giorni ini tampil melengkapi deretan scooter lawas lainnya di hajatan Indonesia Scooter Festival 2017 yang telah berlangsung 23-24 September di Jogja Expo Center. Bentuknya yang unik  membuat kagum pengunjung yang melihatnya.

Sei Giorni diterjemahkan sebagai Six Days (6 Hari). Dinamakan demikian karena pada era 50-an, jauh sebelum adanya Rally Paris-Dakkar, ada kompetisi klasik International selama 6 hari yang diikuti oleh pabrikan di Eropa. Kompetisi ini untuk menguji ketahanan dan keandalan mesin dengan menembus hutan, bukit dan pegunungan di Eropa.

Vespa Sei Giorni, Legenda Kejayaan Balap Era 50-an
Menjadi kebanggaan tersendiri bagi pecinta Vespa jika memiliki tipe ini. Foto: Yusuf Arief

Kerasnya lomba dan ketatnya suasana kompetisi memaksa pabrikan-pabrikan untuk mengeluarkan versi terbaik dari lini produksi mereka. Konon, pemenang lomba ini dipercaya akan meningkatkan volume penjualan di kemudian hari.

Vespa pun ambil bagian dalam perlombaan ini dengan menciptakan model Sei Gioni yang mirip dengan Vespa lansiran 1951 yang dipersenjatai mesin berkapasitas 125cc. Perbedaan hanya pada sayap yang lebih ramping, membulat seperti perahu.

Vespa Sei Giorni, Legenda Kejayaan Balap Era 50-an
Tangki bahan bakar dibuat lebih besar untuk kapasitas yang lebih banyak. Foto: Yusuf Arief

Suspensi depan dan belakang dibuat lebih kokoh dan penggunaan tangki yang lebih besar. Torsi mesin juga diperbesar agar bisa menembus ganasnya medan perbukitan. Bagian tepong kanan juga dibuat lebih besar untuk mengakomodasi karburator di atas silinder box.

Ban serep ditempatkan di bawah dek supaya memudahkan pembalapnya dalam mengganti ban saat berkompetisi.

Pada ajang balap yang melelahkan di Six Varese International Days tahun 1951, Italia sebagai tuan rumah berhasil mengantarkan merek mereka, Vespa menggondol sembilan medali emas.

Vespa Sei Giorni, Legenda Kejayaan Balap Era 50-an
Populasi Vespa Sei Giorni tidak lebih dari 300 unit. Foto: Yusuf Arief

Melalui Piaggio Squadra Corse, mereka mengarungi salah satu balapan terberat dan bergengsi pascaperang hingga 26 seri di Varese. Awalnya 10 Vespa disambut sikap skeptis, namun ketika berhasil menaklukan jalur offroad dan tes kecepatan di Monza, Piaggio mendapatkan medali emas sebagai satu-satunya tim Italia yang memenangkan balapan.

Pada tahun 1951 dan 1953, Vespa memenangkan 4 kategori dan menjadi juara umum dalam perlombaan bergengsi ini. Vespa Sei Giorni hanya diproduksi selama 3 tahun dan populasinya tidak melebihi 300 unit. (YA/ nm)

LEAVE A REPLY

*