Seri Pertama Balap Ketahanan Dunia Dimenangkan GMT94 Yamaha

0
Seri Pertama Balap Ketahanan Dunia Dimenangkan GMT94 Yamaha
Seri Pertama Balap Ketahanan Dunia dimenangkan GMT94 Yamaha. Foto: FIM

NaikMotor – Endurance World Championship (EWC) 2017-2018 seri pertama diselenggarakan di Sirkuit Paul Ricard (Bol d’Or), Perancis, 16-17 September 2017. Seri pertama balap ketahanan dunia dimenangkan GMT94 Yamaha.

Tim pabrikan Yamaha dari Perancis itu memenangkan balapan ketahanan 24 jam di Bol d’Or seri pembuka FIM EWC. GMT 94 Yamaha merupakan juara bertahan FIM EWC musim lalu. Tim memenangkan balapan di Bol d’Or untuk pertama kalinya sejak 2007.

Sehingga berhasil mengumpulkan 60 poin, dengan rincian 40 poin sebagai pemenang dan 20 untuk kedua leg baik 8-hour dan 16-hour. Tim yang diperkuat pembalap David Checa, Niccolò Canepa dan Mike Di Megli berhasil menyelesaikan balapan dengan 9 lap di depan, meski sempat kehabisan bahan bakar pada satu titik.

GMT94 Yamaha berhasil menyisihkan tim Wepol BMW Motorrad Team by Penz13 dan Honda Endurance Racing dan menenaptkannya di posisi kedua dan ketiga.

Sementara perebutan posisi ketiga sebelumnya membuat seri pertama balap ketahanan dunia itu tampak seru, ketika terjadi duel antara Sébastien Gimbert dari Honda dan pembalap wanita Lucy Glöckner dari tim Völpker NRT48 Schubert Motors by ERC sebelum balapan berakhir.

Seri pertama balap ketahanan dunia dimenangkan GMT94 Yamaha itu juga menjadi penyelenggaraan Bol d’Or ke-81. Serunya, untuk pertama kalinya di Bol d’Or pula pembalap wanita berduel dengan pembalap pabrikan untuk meraih podium. Meski Lucy Glöckner, yang juga pembalap IDM (German Superbike championship) sudah mengerahkan segala kemampuannya menempel Honda Endurance Racing, tetapi setelah 673 putaran balapan itu, Lucy menyerah hanya berbeda 1 detik saja di belakang Gimbert. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY