Motor Listrik ExoDyne Cross, Home Made Ramuan Dokter Hewan

0
motor listrik ExoDyne Cross
Alan Cross dokter hewan ahli bedah ortopedi di Atlanta, Amerika Serikat menghabiskan sembilan bulan untuk membangun motor listrik di garasi rumahnya.. Foto: MCN

NaikMotor – Alan Cross dokter hewan ahli bedah ortopedi di Atlanta, Amerika Serikat menghabiskan sembilan bulan untuk membangun motor listrik di garasi rumahnya. Kini bagi yang berminat, motor listrik ExoDyne Cross yang dinamakannya itu dijual untuk umum.

Secara desain motor listrik ExoDyne Cross cukup menggiurkan. Idenya adalah motor listrik tapi bertema naked motocross. Fork depan dari Suzuki RMZ250, dan shock belakang dari RM125. Cakram depan dari Brembo dan rem belakang juga dari comotan Suzuki lain.

Desain ExoDyne Cross cukup menggiurkan. Idenya adalah motor listrik tapi bertema naked motocross.

Meski home made alias buatan rumah motor ini tidak dibangun serampangan. Sasis tubular tersebut murni bikinan sang dokter. Untuk mereduksi bobot, beberapa bagian juga dilengkapi panel serat karbon, yang membuat berat bersih motor hanya 113 kg.

Mesin penggerak merupakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 11 Kw. Motornya ditaruh di hub belakang (mirip Viar Q1) dan mampu digeber 60 km/jam. Sayangnya, meski disuplai 48 buah baterai lithium-ion ia hanya mampu berjalan 20 mil sekali isi.

Nah terakhir yang paling nyeleneh meski dijual untuk umum Alan Cross tidak menyebtkan angkanya. Artinya harga sesuai kesepakatan. Satu yang pasti ia mengatakan jika terjual uang itu nantinya bisa digunakan untuk proyek selanjutnya.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here