Aki Furukawa Battery Buktikan Performa di Berbagai Medan Ekstrem AXCR

0
Aki Furukawa Battery Buktikan Performa di Berbagai Medan Ekstrem
Pereli Indonesia, Kadex Ramayadi saat mempersiapkan motor serta aki dari Furukawa Battery di ajang AXCR 2017. Foto: Arif

NaikMotor – Bukan sekadar skill dan fisik prima serta kemampuan membaca navigasi akurat, dalam reli juga dibutuhkan komponen motor berkualitas tinggi. Aki Furukawa Battery buktikan performa di berbagai medan ekstrem Asia Cross Country Rally (AXCR) 2017 lalu.

Dengan jarak tempuh mencapai 2.600 Km serta berbagai kondisi medan yang harus dilalui, mulai tanah, sungai, lumpur serta jalanan berbatu, dibutuhkan kesiapan motor prima, selain pengendaranya. Durasi event yang lama, enam hari, tentu daya tahan motor sangat diperlukan dan perlakukan rider terhadap motor turut mempengaruhi performanya.

Pereli Indonesia Jawara Leg 1 AXCR 2017 Thailand
Kadex Ramayadi mencatat sejarah sebagai orang Indonesia pertama kampiun di leg 1 AXCR 2017 Thailand, Senin (14/8/2017). Foto: Istimewa

Apalagi, motor untuk kebutuhan reli ditambah alat navigasi untuk menyimpan peta berupa tulip sebagai petunjuk rute. Ini masih ditambah dengan kelengkapan perangkat pendukung seperti kebutuhan charging untuk ponsel, jika rider membutuhkan pertolongan ataupun mengabadikan foto perjalanan.

Dalam hal ini, fungsi aki sebagai sumber daya elektronik menjadi hal penting digunakan para pereli. Seperti yang diakui oleh Kadex Ramayadi, andalan tim reli Furukawa Battery Indonesia yang berhasil menjuarai dua etape dari enam hari yang dilombakan. Hasilnya, aki Furukawa Battery buktikan performa di berbagai medan ekstrem AXCR 2017.

“ Dalam balap reli, dibutuhkan kecepatan, motor yang tangguh, endurance (karena balap dalam jangka waktu lama). AXCR memiliki durasi balap 6 hari  dengan panjang lintasan 2.500km. Dalam hal ini, peran dan kemampuan navigasi sangat penting. Yang paling mencolok dalam balap reli adalah pada cockpit motor, yang  berisi tambahan route book map, odometer  dan bagi saya ada tambahan charger HP pada motor. Semua peralatan tersebut adalah elektronik /motorised, sehingga memberi beban eksttra dan membutuhkan suplai daya yang stabil,” sebut Kadex yang akhirnya menduduki peringkat kelima, prestasi terbaiknya  di ajang internasional.

Untuk hal tersebut, tim Furukawa Battery Indonesia mempercayakan semua kebutuhan energy listriknya pada aki Furukawa Battery type MF (maintenence free) alias aki yang hanya diisi cairan pada saat pertama kali sebelum dipakai. Tim Furukawa Battery International yang dihuni pereli Jepang juga menggunakan produk Furukawa Battery.

Apa keunggulan aki Furukawa Battery? Menurut Roseno Marketing Support PT. Furukawa Indomobil Sales Battery, salah satunya karena menggunakan bahan baku terbaik mulai dari kemurnian timah sampai kadar besi yang kecil dalam asam sulfatnya. “Keunggulan kedua adalah menggunakan teknologi anti explode technology. Jika terjadi korsleting atau ada percikan api, tidak akan membuat aki meledak,“ sebut Roseno.

Furukawa Battery dirancang anti meledak lantaran tutup akinya yang dirancang khusus membuat tidak terjadi kebocoran air aki walaupun dalam posisi miring dan konsumsi air aki rendah.

Sementara kelebihan ketiga adalah penggunaan separator yang tipis dan berpori yaitu pemisah di antara sel-sel aki agar performa aki stabil dan mudah starter ketika pertama kali mesin dihidupkan. “ Keunggulan lainnya konstruksi tebal pelat dan tebal partisi telah disesuaikan dengan teknologi Furukawa Battery, sehingga lebih tahan terhadap getaran seperti reli yang banyak guncangan hebat,” sebutnya lagi. Tidak salah, bila aki Furukawa Battery buktikan performa di berbagai medan ekstrem AXCR 2017 dengan raihan juara oleh Kadex Ramayadi.

Furukawa Battery adalah perusahaan dari Jepang dan berdiri pada tahun 1914 di Kota Amagasaki yang memproduksi aki untuk sepeda motor, mobil, pesawat tempur, kereta api, power supply systems dan lain-lain. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY