Motor Sport ‘Berotot’ Yamaha Fazer25 Meluncur di India

0
Yamaha Fazer25
Yamaha resmi meluncukan Yamaha Fazer25 di India. Model baru ini merupakan versi sport touring dari streetfighter Yamaha FZ25 2017 yang meluncur akhir Januari 2017. Foto: Yamaha

NaikMotor – Yamaha resmi meluncukan Yamaha Fazer25 di India. Model baru ini merupakan versi sport touring dari streetfighter Yamaha FZ 250 yang meluncur akhir Januari 2017. Tidak heran jika ubahannya hanya di fasia depan dengan aplikasi bentuk lampu dan tambahan fairing.

Secara keseluruhan tampilan Yamaha Fazer25 cukup unik. Tebeng depan punya ciri khas. Visor contohnya, seperti terpisah dari lampu, kemudian di samping kiri-kanan lampu ada air duck. Bentuk ini membuat tampang motor sport itu jadi ‘berotot’ dan jadi sesuatu yang ‘baru’.

Lebih jauh, kemunculan Yamaha Fazer25 juga jadi lambang kekuatan India di peta roda dua intenasional. Sebab kini banyak merek luar negeri yang mempercayakan India membuat motor versi mereka, yang dikembangkan sesuai permintaan pasar lokal dan kemudian di ekspor.

Yamaha Fazer25

Media Inggris menyebutnya konvergensi secara bertahap. Motor yang dikembangkan untuk India terlihat semakin dapat dipercaya untuk pasar dunia. Apalagi saat ini BMW, KTM, Husqvarna dan terakhir Triumph sudah berkerjasama dengan perusahaan India.

Oke, balik ke topik, Yamaha Fazer25 mengusung mesin yang sama dengan FZ 250. Mengusung jantung 249cc SOHC dengan dua katup yang mampu menghasilkan 20,9 daya kuda dan torsi 20 Nm. Mesin silinder tunggal dengan injeksi bahan bakar itu dilengkapi pendinginan oli.

Mesin telah mengadopsi teknologi Blue Core yang mampu mengoptimalkan tenaga tetapi konsumsi bahan bakar lebih irit. Yamaha India mengklaim motor bisa mengonsumsi bahan bakar 1 liter untuk 43 km. Sementara transmisinya mengadopsi model 5 percepatan.

Yamaha Fazer25 memiliki bobot 154 kg atau lebih berat 6 kg dari FZ 250 dengan berat 148 kg. Saat ini untuk versi lokal India belum memakai ABS tapi kedepannya kemungkinan akan dijual versi menggunakan ABS.

Dimensi Yamaha Fazer25 memiliki panjang 2015 mm, lebar 770mm, tinggi 1.115mm. Tinggi tempat duduk 795 mm dan  ground clearence 160 mm. Kapasitas tangki bahan bakar 14 liter. Banderol  1,29,335 ruppe atau sekitar Rp 26,9 juta.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here