Cara Menaklukan Sentul Versi Mantan Pembalap GP500 Yukio Kagayama

0
Cara Menaklukan Sentul Versi Mantan Pembalap GP500 Yukio Kagayama
Yukio Kayagama (kiri), Seiji Itayama (tengah), Yohan Yahya (kanan).

NaikMotor – Suzuki Asia Challenge (SAC) Seri 4 akan berlangsung bersamaan ARRC Sentul 2017, Sabtu-Minggu (12-13/8/2017). Mantan pembalap Grand Prix 500, Yukio Kagayama yang juga merupakan mentor SAC memberikan gambaran ke anak didiknya cara menaklukan Sentul.

Wajar saja, sebab tahun ini SAC bisa dibilang memakai motor baru yakni Suzuki GSX-R150 menggantikan Satria FU150 injeksi. Meski dari teknis mesin tidak beda jauh, tapi soal feeling dan cara membalap pastinya beda, karena suspensinya juga beda.

“Tahun ini kita pakai GSX-R150 yang merupakan motorsport, beda dengan sebelumnya pakai cup. Dengan motor ini tentu ada penyesuaian baru lagi. Apalagi Sentul punya aspal tidak rata. Jadi setting suspensi sangat penting,” kata Kagayama yang mengaku mengidolakan Kevin Schwantz.

Selain setting suspensi, Kagayama mengatakan pembalap harus mewaspadai tikungan terakhir Sentul di R13 dan R14. Tikungan terakhir sebelum straigth finis itu bisa jadi penentu pembalap untuk memotong waktu dan meraih kemenangan.

“Tikungan terakhir sirkuit Sentul merupakan titik yang cukup penting. Di tikungan ini, sebetulnnya tikungan panjang, selain suspensi harus baik, pembalap harus cepat disini. Karena persaingan (jarak) antara tiap motor di  SAC ketat, jadi tikungan terakhir sangat penting,” katanya.

“Jika kita bisa keluar tikungan lebih cepat, maka pembalap bisa memanfaatkan straigth untuk meraih top speed lebih cepat di trek lurus. Jadi masuk dan keluar tikungan bisa lebih cepat, kemudian mengejar top speed karena trek lurus sirkuit Sentul cukup panjang,” pungkas Kagayama.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*