Merasakan Sensasi Jokowi Saat Naik Motor Trail Trans Papua di GIIAS

0
Merasakan Sensasi Jokowi
Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam papua lewat virtual reality (VR) sambil meunggak replika Kawasaki KLX BF yang dipakai President Jokowi. Foto: Gilang

NaikMotor – Masih ingat aksi Presiden Jokowi naik motor saat meninjau pengerjaan proyek jalan Tras Papua, bulan Mei lalu? Di GIIAS 2017, kita bisa merasakan sensasi Jokowi saat meninjau jalan sekaligus menikmati pemandangan Papua lewat virtual reality (VR).

VR Jokowi naik Motor itu bisa dirasakan di booth milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) di Hall 1 ICE BSD. Asiknya, VR tersebut makin lengkap karena pengunjung juga disediakan replika Kawasaki KLX BF yang dipakai Jokowi.

NaikMotor.com yang mencoba VR tersebut lumayan kagum dengan detil yang disampaikan. Awalnya, kita akan disuguhkan soal peta proyek jalan Trans Papua yang sedang dikerjakan. Kemudian setelah itu ada review singkat dari Presiden Jokowi soal pembangunan jalan trans Papua.

Selepas itu baru virtual reality seperti halnya sensasi Jokowi naik motor dimulai. Dari Wamena kita akan diajak untuk menjelajah jalan yang sedang dikerjakan. Jalan yang masih berbatu tersebut berwarna putih dan terletak di samping tebing. Di mana pemandangannya cukup menakjubkan.

Lina Tobing, Staf Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XVIII Kementerian PUPR yang ditemui di booth mengatakan, tujuan VR ini untuk menunjukkan keseriusan pemerintah membangun jalan di Papua. Selain itu sekaligus ajang promosi kekayaan alam Papua.

“Di sini kita akan diajak melihat proses pembangunan jalan Trans Papua sekaligus melihat pemandangan Papua. Selama ini orang tahunya Papua bagus tapi takut soal keamanan, ada penembakan, atau orang dipanah. Kita mau tunjukan itu tidak benar,” katanya.

Seperti diketahui, saat itu Presiden Joko Widodo beserta rombongan naik motor saat meninjau pembangunan Jalan Trans Papua ruas Wamena-Mamugu 1. Jokowi menyusuri jalan kurang lebih 7 km yang berada pada ketinggian 3.200 meter di atas permukaan laut.

Ruas jalan yang disusuri merupakan salah satu bagian dari total jarak 4.300 km Trans Papua yang sedang dalam proses pembangunan. Saat ini TNI sudah membuka jalan sepanjang 3.800 km, diharapkan pada tahun 2019 seluruh ruas jalan sudah terbuka dan dapat dilalui.(Agl/NM)

 

LEAVE A REPLY

*