Ini Harga BMW HP4 Race yang Hanya Diproduksi 750 Unit

0
Harga bmw hp4 race
BMW Motoread HP4 Race hanya dibuat sebanyak 750 unit, kini harganya sudah dipublikasikan. Foto: BMW

NaikMotor – BMW Motorrad telah memperkenalkan BMW HP4 Race di EICMA 2016 Milan, Italia. Sportbike track only BMW itu telah diluncurkan secara resmi di Tiongkok, saat Auto Shanghai 2017, 19 April 2017 lalu. Di beberapa negara, harga BMW HP4 Race yang dibuat hanya 750 unit saja dibanderol di kisaran satu miliar rupiah.

Pihak BMW Motorrad hanya menyatakan model tersebut sebagai satu dari sepeda motor paling eksklusif yang pernah dibangun. Saat EICMA, BMW HP4 Race tampil polos menampakkan serat karbon pada rangka dan bodywork. Di Shanghai Auto Show,motor itu hadir dalam 3 color seperti warna ciri BMW Motorrad.

Dilengkapi rangka serat karbon yang beratnya 7,8 kg, sementara berat keseluruhan sepeda motor 171kg itu sudah termasuk bahan bakar penuh di tangkinya. Bobot yang jauh lebih ringan daripada motor balap BMW Motorrad yang digunakan pada Superbike World Championship, sedikit lebih berat daripada motor balap MotoGP.

Spesifikasi lainnya setara dengan motor stock superbikes seperti mesin, elektronik, suspensi dan sistem rem. Sementara saat ini baru sedikit pabrikan yang membuat rangka serat karbon. HP4 Race pun menggunakan pelek berbahan serat karbon, sehingga pelek lebih ringan 30% dibandingkan pelek alloy.

Berbagai komponen lainnya setara dengan spesifikasi balapan dunia. Seperti suspensi depan fork Öhlins FGR 300 upside down dan swing arm alloy dengan suspensi belakang monoshock TTX 36 GP. Serta piston berlapis titanium, kaliper rem aluminium monoblock Brembo GP4 PR, dan sistem rem yang diambil dari motor balap BMW Motorrad seperti cakram T-Type baja racing.

Mesin HP4 Race milik S1000RR dengan keluaran 215 daya kuda @ 13.900 rpm dan torsi 120 Nm @ 10.000 rpm. Tetapi putaran mesinnya lebih tinggi dari 14.200 menjadi 14.500 rpm. Dengan transmisi racing close ratio 6 percepatan.

Sementara sistem elektroniknya lengkap mulai dari akses asistensi, elektronik on-board yang bisa diakses dari dasbor melalui 2D logger. Fitur lainnya Dynamic Traction Control dengan kontrol ignition cut, Engine brake EBR dan Wheelie Control yang bisa diprogram sesuai kebutuhan tiap pengendaranya. Tidak itu saja, setingannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan layout tiap trek serta variasi permukaan aspal trek. Sesuai kebutuhan regulasi balap HP4 dilengkapi pit lane limiter dan launch control.

Sekarang harga BMW HP4 Race itu bisa diketahui di beberapa benua dan negara, seperti di Inggris harganya sekitar Rp 1,2 M, di Amerika Serikat Rp 1 M, dan di Benua Eropa lebih mahal lagi sekitar Rp 1,26 M. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY