Cetak 211 Lap, Tim Dimas Ekky Raih Posisi ke-8 di Ajang Suzuka 8 Hours

0
11
Tim Satu Hati Honda Team Asia yang diperkuat pembalap Indonesia, Dimas Ekky berhasil menduduki posisi ke-8 di ajang Suzuka 8 Hours, Minggu (30/7/2017). Foto: Istimewa.

NaikMotor – Satu Hati Honda Team Asia yang diperkuat pembalap Indonesia, Dimas Ekky berhasil menduduki posisi ke-8 di ajang Suzuka 8 Hours 2017, Minggu (30/7/2017). Raihan ini merupakan prestasi mengingat lawan yang dihadapi pembalap top dunia.

Triplet Dimas Ekky (24), Ratthapong Wilairot (Thailand) dan Muhamad Zaqhwan Zaidi (Malaysia) menyelesaikan balap ketahanan motor paling prestisius itu dengan total 211 lap dan menghabiskan waktu total waktu 8 jam 1 menit 51,711 detik.

“Saya bersyukur bisa meraih hasil ini. Terima kasih Satu Hati Honda Team Asia. Balapan tahun ini lebih sulit dari tahun lalu. Banyak pebalap level dunia serta tim balap yang banyak pengalaman dalam balapan ketahanan di Suzuka 8 Hours ini,” kata Dimas.

Start dari posisi ke 10, Dimas tersenggol pebalap lain saat balapan baru berjalan kurang dari 5 menit. Insiden tersebut mengakibatkan kaki kirinya cidera, dan membuat posisinya turun hingga ke urutan 32 dari 69 tim.

Dalam keadaan menahan sakit, pembalap yang turun di CEV Moto2 itu bisa terus menekan. Hasilnya, dalam waktu 1 jam di lap ke-25 posisinya sudah naik ke tempat ke-12. “Saya bermain 3 sesi dengan menahan rasa sakit. Tapi saya terus berusaha,” katanya.

Perjuangan tim berbuah hasil, tim merangsek secara cepat ke posisi 9 pada lap ke-54 atau setelah 2 jam balapan. Para pembalap pun konsisten mempertahankan pencapaiannya setelah 5 jam balapan dengan meraih posisi ke-6 pada lap 154.

Sayang sesi terakhir kurang beruntung. Saat posisi tim sudah 5 besar, motor harus masuk pit karena lampu belakang mati. Pergantian ini mau tidak mau memaksa posisi tim melorot 4 tingkat turun ke posisi 9.

Sisa 30 menit terakhir tim Satu Hati Honda Team Asia terus berusaha memperpendek jarak dengan rider di depannya namun akhirnya finis di posisi ke-8 di ajang Suzuka 8 Hours 2017. Tepat di belakang Honda Dream Racing di posisi 6, dan Yoshimura Suzuki Motul Racing di posisi ke-7.

Berturut-turut, podium1  1 milik tim pabrikan Jepang Yamaha Factory Racing, podium 2 tim pabrikan Jepang Team Green Kawasaki, posisi 3 tim satelit F.C.C. TSR Honda, peringkat 4 tim pabrikan Jepang Musashi RT Harc-Pro Honda, dan posisi 5 tim satelit EWC YART Yamaha.(Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*