Modifikasi Honda CBR250RR Neo Cafe Racer, Sintesis Kuat Klasik dan Modern

0
Modifikasi Honda CBR250RR Neo Cafe Racer, Sintesis Kuat Klasik dan Modern
Neo Cafe Racer yang memadukan tampilan klasik dan modern karya Juwono Jati dari Lunatic Custom Motorcycle Jakarta. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor – Beda jauh, itulah ide dasar Yuwono Jati dalam mengembangkan konsep Cafe Racer di Honda Dream Ride Project 2017. Tak pelak Honda CBR250RR Neo Cafe Racer hasil garapannya kali ini merupakan ‘blending’ yang manis antara konsep klasik dan modern.

“Saya pilih tema cafe racer karena pertama saya suka, kedua nyambung dengan event HMC 2016 (Honda Modif Contest) dimana saya juara nasional dengan jenis modifikasi itu. Terakhir saya ingin membuat sesuatu yang beda jauh dari image aslinya,” katanya.

Tampilan standar CBR250RR langsung dipermak berdasarkan konsep yang dibuatnya hasil diskusi dengan mentor di Honda Dream Ride Project. Jati mengubah total bodi dengan menggusur fairing standar. Meski terkesan klasik, fairing baru ini cukup modern, ia tidak membuatnya full, dan membiarkan mesin sedikit terekspos.

Modifikasi Honda CBR250RR Neo Cafe Racer, Sintesis Kuat Klasik dan Modern
Konsep Neo Cafe Racer memadukan konsep klasik dan modern

Meski begitu ia tidak serta merta mengubah semua elemen CBR250RR. Ada beberapa bagian lama yang sengaja dipertahankan. Pertama ia tetap menggunakan tangki standar, ia juga tidak menyentuh mainframe sesuai syarat dari Honda.

“Ada beberapa bagian dari motor yang tidak boleh diubah, agar tetap dapat image CBR itu tadi, yaitu mainframe, lalu untuk pilihannya yang akan dipertahankan ada pilihan tangki atau headlamp, jadi saya pilih mempertahankan tangki,” katanya.

Jati kemudian berfikir bagaimana fairing bertampang jadul bisa tetap enak dilihat ketika dipadukan dengan tangki standar CBR250RR yang modern. Sebab salah penerapan bakal merusak konsep, di mana garis besarnya yakni Neo Cafe Racer.

Carkrama belakang digusur diganti tromol drum, swing arm tubular

“Saya pakai pelek jari-jari, lalu tromol Drumbrake, dan ban kembangan klasik dari Firestone untuk menguatkan image klasiknya dulu. Beberapa parts bawaan juga tidak diganti frontal, saya hanya mengubah bentuk aslinya seperti swing arm, lalu footstep, yang terakhir pemilihan warna putih,” katanya.

Jati mengatakan sengaja memilih kelir putih supaya memperkuat kesan klasik. “Sisanya untuk frame dan bagian kaki-kaki saya beri warna gunmetal, sedikit aksen pemanasan dengan warna merah di jok dan logo honda wing di samping tangki,” katanya.

Motor di tes jalan 500 km membuktikan pengendalian masih enak dipakai harian

Selama tiga bulan, Honda CBR250RR Neo Cafe Racer akhirnya bisa dirampungkannya. Motor kemudian diperkenalkan ke media lewat acara khusus di Yogyakarta. Selain itu, motor juga dites dengan total jarak sekitar 500 km. Tujuannya untuk membuktikan motor tetap nyaman dikendarai.

“Kesulitan yakni menyelesaikan tantangan Honda Dream Ride semaksimal mungkin. Kendala utama lebih kepada waktu sebenarnya, menurut saya terlalu singkat untuk mendapatkan hasil dengan kualitas yang terbaik sesuai standar kita di Lunatic,” pungkas jati.(Agl/NM)

Spesifikasi CBR250RR Neo Cafe Racer by Jati Lunatic
Frame: Stock Custom
Bodywork: Galvanized Plate 1,2 mm
Swing Arm: Custom
Headlamp: Daymaker
Stoplamp: Custom Wheels:
Aluminium 18×2.50 & 18×3.50
Tires: Firestone Deluxe 18×3.50 & 18×4.50
Drum Hub: Inboard Ventilated Disc
Muffler: Custom Stainless Steel
Seat: Custom Original Leather
Accessories: Radiator Cover, Bar End Mirror, Aluminium Body Cover, Aluminium Frame, Hub Cover
Detail & Painting:Lunatic Custom Motorcycle

LEAVE A REPLY

*