Lorenzo Raih Pole dan Pecahkan Rekor Tercepat di Jerez

0

Lorenzo-QTT-Jerez

Jerez (naikmotor) – Harapan Jorge Lorenzo untuk kembali tampil sebagai pembalap terbaik setelah mengalami masalah di tiga race pertama, akhirnya kembali terlihat di sesi kualifikasi MotoGP Jerez, Spanyol pada Sabtu (2/5). Juara dunia MotoGP sebanyak dua kali itu tampil sebagai pembalap tercepat dan meraih posisi start terbaik.

Namun yang sangat istimewa adalah karena Ia juga sukses memecahkan rekor lap tercepat yang dicetak oleh Marc Marquez tahun lalu. Lorenzo menjadi satu-satunya pembalap yang mampu menembus batasan lap time di bawah 1 menit 38 detik. Lorenzo berstrategi untuk melesat sendirian sehingga tidak ada pembalap lain yang mengikutinya. Inilah pole position pertama buat Jorge Lorenzo tahun ini setelah terakhir dicetaknya di Misano tahun lalu.

Adapun catatan lap tercepat yang mampu dibukukan Lorenzo adalah 1:37.917. “Pada run ketiga yang saya lakukan di sesi kualifikasi barusan, memang sangat impresif. Apalagi dengan lap tercepat itu saya tak mengalami insiden terjatuh atau melebar. Tapi saat balapan nanti, bakal sangat berbeda. Semoga saja bisa tampil konsisiten,” beber Lorenzo.

Sementara pembalap andalan tim Repsol Honda yaitu Marquez, kali ini mampu memberikan yang terbaik. Ia mencuri lap tercepat di urutan kedua meski dalam kondisi tak maksimal karena mengalami cedera pada jari kelingkingnya.

Kemudian disusul oleh Andrea Iannone yang sejak sesi latihan pertama juga memberikan performa terbaiknya. Iannone sendiri tidak berharap banyak, lantaran sirkuit ini dari sisi data, sedikit tidak cocok dengan karakter Ducati. Meski demikian, semuanya bisa terjadi saat balapan berlangsung. Apalagi jika berbicara mengenai strategi balapan.

Valentino Rossi yang diharapkan mampu memberikan performa terbaiknya saat sesi kualifikasi, ternyata tak mampu menyusul rekan setimnya di lini terdepan. Meski demikian, pembalap kawakan itu tetap diunggulkan untuk bertarung di urutan terdepan. (Spy/NM) Foto: Dorna MotoGP

Hasil kualfikasi MotoGP Jerez, Spanyol:
1. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1:37.910
2. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.390
3. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.558
4. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.629
5. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.722
6. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.728
7. Cal Crutchlow GBR CWM LCR Honda (RC213V) +0.804
8. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.913
9. Yonny Hernandez COL Pramac Racing (Desmosedici GP14.2) +1.554
10. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +1.581

LEAVE A REPLY