Cafe Racer Eksotis Hesketh Sonnet Dipasarkan Bulan Ini

0
Hesketh Sonnet
Hesketh Sonnet, cafe racer eksotik hanya ada 100 unit pada Juli 2017. Foto: motorcycle

NaikMotor – Pabrikan motor eksotis dari Inggris akhirnya memasarkan produk baru mereka, cafe racer Hesketh Sonnet yang siap diluncurkan pada Juli ini.

Sekilas tentang motor Hesketh Sonnet memang mirip dengan Hesketh 24, yang diproduksi terbatas sejak 2014. Sesuai namanya, produk tersebut terbatas hanya ada 24 unit. Tetapi Sonneth dihadirkan dengan sosok lebih moderen. Uniknya, baik 24 maupun Sonnet tidak menggunakan nama model dengan huruf awal V, seperti kebiasaan Hesketh, mulai Vampire, atau model mendatang Valiant SC.

Hesketh Sonnet

Pabrikan Hesketh memang hanya membuat model-model roadster/streetfighter hingga cafe racer secara terbatas. Bahkan sejak didirikan pada 1980 oleh Thomas Alexander Fermor-Hesketh atau Lord Hesketh, hingga kini pabrikan tersebut hanya menampilkan 8 model saja dengan total produksi tidak lebih dari 100 unit.

Seperti 24, Sonnet masih menggunakan mesin berukuran besar dan klasik buatan Amerika Serikat, S&S V-twin X-Wedges. Dengan pengaktif katup masih bersistem push rod seperti pada mesin Harley-Davidson atau Indian.

Tetapi mesin pada Sonnet telah dibore up menjadi 2.163 cc dari 1.917cc. Mesin kini menghasilkan 145 daya kuda @ 6.000 rpm dan torsi 209 Nm @ 3.000rpm. Mesin dilengkapi transmisi 6 percepatan manual produk Rivera Primo.

Paul Sleeman, mechanical design engineer pada Hesketh Motorcycle Ltd., “Ketika Hesketh 24 telah dipasarkan dan diterima oleh konsumen, kami menanyakannya kepada mereka. Model 24 telah melebihi harapan mereka, sehingga kami berkeyakinan untuk segera menghadirkan Sonnet dengan beberapa perbedaan yang lebih baik.”

Sleeman melanjutkan, “Sonnet akan diproduksi sebanyak 100 unit pada 2017, sebagai upaya untuk mengembangkan model-model baru Hesketh.”

Sonnet memiliki rangka tabung chromoly dan suspensi depan upside down produk K-Tech dan pada bagian belakang K-Tech Bullit Springless. Untuk bagian pengereman menggunakan radial monobloc Brembo di depan dan belakang.

Sonnet ditampilkan dengan krom yang mendominasi tangki, beberapa bagian mesin dan fendernya. Jok kulitnya dijahit khusus dengan ekor lebah, setang rendah, flyscreen, dan logo besar pada tangkinya.

Hesketh Sonnet dipasarkan Juli 2017 dengan harga sekitar Rp 450 jutaan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here