Sqweeks Autobot Berbasis Vespa VBB dalam Transformers The Last Knight

0
Vespa VBB
Michael Bay, sutradara Transformer, Sqweeks, karakter Autobot baru, dan Isabela Moner, pemeran wanita sekuel kelima Transformer 'The Last Knight'. Foto: comingsoon.com

NaikMotor – Ada karakter Autobot baru dalam sekuel kelima film arahan Michael Bay, Sqweeks yang berbasis Vespa VBB dalam Transformers the Last Knight. Film telah dirilis sejak 23 Juni 2017 serentak di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Sqweeks memainkan peran lucu dalam film tentang pertempuran antara robot bentukan berbagai model otomotif itu. Berperan seperti punakawan bagi pemeran utama wanita, Isabela Moner, mendukung kaum Autobot di bawah pimpinan Optimus Prime melawan Decepticon, yang ingin memusnahkan peradaban manusia itu.

Sqweeks adalah Autobot bentukan dari dari skuter klasik Italia, sehingga meski berbentuk robot humanoid namun pada beberapa bagian tubuhnya tampak karat. Selain itu, untuk menopang tubuhnya salah satu kakinya mengandalkan standar seolah sebagai kaki palsu. Mirip karakter Gareng dalam cerita pewayangan.

Sementara Vespa VBB yang menjadi basis Sqweeks sejatinya memang skuter klasik buatan tahun 1958-1967. VBB bermesin 2 langkah silinder tunggal kapasitas 150 cc.

Ciri khas yang menonjol adalah cover samping yang membulat dan besar, orang menyebutnya semok. Kedua sisi Tepongnya itu dilengkapi dengan list aluminium pada bagian tengahnya. Namun, stang yang tempat bertenggernya lampu utamanya itu cenderung langsing.

VBB produk 1960-an ke atas sudah dilengkapi transmisi 4 percepatan manual. Lampu utamanya pun sudah diperbesar namun masih membulat. Fender depannya terbuat dari dua bagian yang disatukan pada tengahnya, sehingga masih jelas terlihat. Model fender yang masih bertahan hingga produk lebih moderen pada model seri P 1983-an.

Selain itu, model VBB memang menjadi basis untuk Vespa 2 tak 3 dekade berikutnya, termasuk model pengapian dengan stator 3 sepul.

Kini, Vespa VBB masih banyak dicari karena ketangguhannya, dan banyak banyak yang masih bisa dijalankan. Sebab banyak komponenya yang masih bisa disubstitusikan dengan Vespa produk 1980-an. Tetapi harganya setelah restorasi cukup fantastis, sekitar Rp 71,5 jutaan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*