Tips Mudik Aman Naik Motor, Sebaiknya Gunakan Ban yang Baru

0
gunakan ban yang baru
Menjelang musim mudik, satu langkah penting adalah mengganti ban motor. Foto: Dok.NMC

NaikMotor – Jika memaksa mudik naik motor ke kampung halaman menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438H/2017 yang sudah tinggal beberapa hari lagi, sebaiknya gunakan ban yang baru.

Meski tidak disarankan untuk melakukan mudik dengan bersepeda motor, namun banyak anggota masyarakat yang memaksakan menggunakan kendaraan roda dua karena dianggap cepat dan efisien. Tentu ada syarat penting agar perjalanan mudik berjalan lancar, yaitu fisik yang prima, motor sehat, dan patuh peraturan tata tertib lalu lintas.

Kondisi motor yang sudah siap untuk perjalanan jauh pun belum cukup jika kondisi ban kurang baik. Karena ban menjadi media kontak langsung dengan permukaan jalan, sehingga kondisinya harus benar-benar prima.

Ban IRC menampilkan berbagai produk terbarunya di Jakarta Fair Kemayoran Jakarta termasuk beragam promo menarik

Bahkan, jika perlu gunakan ban yang baru untuk melakukan perjalanan jauh seperti mudik, seperti yang disarankan oleh Dodiyanto, Marketing Product Development PT. Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban IRC. Berikut langkah-langkah pergantiannya:

1. Cek keausan ban, dengan memperhatikan thread wear indicator (TWI), jika kembangann ban sudah memiliki ketinggian yang sama dengan TWI, tiada cara lain selain menggantinya dengan ban baru.
2. Gantilah ban dengan ukuran sama dengan ban sebelumnya.
3. Jangan mengganti dengan ukuran lebih kecil.
4. Jika ingin ganti yang lebih lebar, dianjurkan hanya 1 step, atau 10 angka lebih tinggi, misalnya jika rekomendasi pabrikan ban ukuran 80/90-17, gunakan ban ukuran 90/90-17.
5. Sebaiknya ban pengganti itu memiliki kembangan yang sama atau menyerupai. Agar handling berkendara tidak berubah.
6. Tidak dianjurkan menggunakan ban balap, sebab medan jalan akan bervariasi.
7. Pada saat pemasangan ban, perhatikan tanda rotasi seperti yang tertera pada dinding ban. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*