‘KLX Killer’, Motor Trail Baru Honda CRF150 Pakai Mesin New Mega Pro?

0
Motor Trail Baru Honda
Tampilan Honda XR150 dual purpose akankah menjadi Honda CRF150L di Indonesia? Foto: Honda

NaikMotor – Honda sedang getol diberitakan bakal menelurkan motor adventure kelas 150cc untuk menjegal Kawasaki KLX 150. Kabar beredar, motor trail baru Honda memakai mesin New Mega Pro, alih-alih jantung 150cc milik keluarga Sonic dan CB150RR StreetFire.

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) tidak membantah kabar pihaknya bakal menelurkan motor trail baru, namun juga tidak bicara gamblang. “Coba dicek lagi sumbernya. Kita masih studi untuk adventure 150,” katanya kepada wartawan, Rabu (14/6/2017).

Kabar Honda ingin terjun ke trail kelas 150 dengan mengusung nama Honda CRF150L memang membuat publik penasaran. Selama beberapa tahun ini, praktis hanya Kawasaki KLX 150 yang terkesan bermain sendirian. Meski saat ini pasar di kelas itu juga disuguhi ‘paket hemat’ dari Viar Cross X 150.

“Kami melihat segmen adventure ini cukup eksis dan stabil. Kami akan coba studi. Kami lihat dulu konsumennya seperti apa,” imbuh Thomas, ketika ditanya motor yang dimaksud kabarnya sudah masuk uji coba tahap produksi dengan kode K84.

Soal motor trail baru Honda yang kabarnya lebih memilih memakai basis mesin New Mega Pro memang masih menjadi spekulasi. Bisa saja hal itu dilakukan untuk menekan harga. Tapi harus diingat, masyarakat kritis kalau soal mesin, sedangkan basis mesin Sonic adalah flagship di kelas 150.

Rumor Honda sedang mempersiapkan motor baru mulai menuat setelah melansir motor CRF250 Rally. Saat itu spekulasi prematur menyebut dengan lahirnya kelas 250cc yang lebih premium, maka tidak lama lagi Honda juga akan menelurkan kelas yang lebih murah 150cc.

Bola panas semakin menggeliat karena peribahasa ‘tidak ada asap kalau tidak ada api.’ Beberapa vendor Honda yang ditemui memang mengonfirmasi pabrikan bakal menelurkan trail baru. Namun karena diikat kontrak, mereka enggan bicara terbuka.

Jika melihat peta bisnis Honda di Indonesia, pabrikan berbasis di Sunter, Jakut, ini memang kerap telat melansir produk baru dengan alasan sedang studi. Namun Honda punya model lengkap untuk mengisi tiap segmen, dan setelah keluar biasanya teredapan soal penjualan.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*