HUD Nuviz Kini Berfitur Canggih dan Bisa Dipasang untuk Semua Helm

0
HUD Nuviz Kini
Perangkat HUD Nuviz yang kini bisa dipasang untuk semua helm. Foto: Nuviz

NaikMotor – Nuviz kini telah siap meluncurkan Head Up Display (HUD) berfitur lengkap. HUD Nuviz kini bisa untuk semua helm dan merekam perjalanan, bukan hanya navigasi dan infotainment saja.

Proyek HUD Nuviz kini telah berjalan selama 4 tahun dan sempat tersendat, mereka berhasil mewujudkan HUD yang bisa menampilkan berbagai informasi kepada pengendara dalam pandangan natural. Proyek yang didanai crowd funding itu kini bisa diterapkan pada berbagai helm full face yang ada di pasaran.

HUD Nuviz Kini

Malte Laass, co-founder Nuviz menyatakan, “Beberapa tahun sebelumnya kami yakin bisa menampilkan HUD yang simple demi pengalaman berkendara nyaman bagi penggunanya dengan berbagai sematan teknologi terkini.”

Pihak Nuviz mengatakan peluncuran produk sedikit terlambat akibat kompleksnya menanamkan berbagai fitur agar bisa diupgrade dan dilepas pasang serta kuat. Selain itu, awalnya, Nuviz menggandeng produsen helm Skully, namun karena permasalahan internal Skully akhirnya produk helm dengan HUD Nuviz built-in batal.

HUD Nuviz kini bisa dilepas pasang agar pengendara yang memiliki banyak helm tetap bisa menggunakannya saat mengenakan pelindung kepala lainnya. Ketika perangkat diterapkan, optik Nuviz akan menampilkan citra virtual seolah membayang di depan mata pengendara. Sehingga bisa mengurangi pergerakan mata dan kepala, agar pengendara tetap fokus ke jalan sambil tetap mendapatkan berbagai informasi.

Perangkat penampil informasi itu bisa dikoneksi dengan smartphone baik berbasis sistem operasi iOS maupun Android, melalui Bluetooth. Pengaturan menunya bisa dilakukan dengan kontroler di setang secara nirkabel. Berbagai informasi bisa ditampilkan HUD Nuviz itu antara lain: kecepatan, peringatan batas kecepatan, peta navigasi, dan menyimpan rute secara 3D. Selain itu, bisa untuk menjalankan aplikasi komunikasi dan memperdengarkan musik.

Karena dilengkapi Bluetooth dan headset bermikrofon, serta HD action camera, pengendara bisa merekam perjalanannya dan sekaligus narasinya. Tentu fungsi menerima panggilan telepon, dan mendengarkan musik favorit bisa dilakukan bahkan secara streaming via Spotify, Pandora, Apple Music atau Google Music. Pengendara pun bisa menikmati berbagi infotainment-nya itu via headset untuk rider-to-rider communications.

Kamera pun bisa menangkap gambar diam berukuran 8MP dan video 1.080pixels/30fps. Gambar bisa disimpan langsung ke smartphone pengendara atau MicroSD karena pada perangkat tersedia slot. Kamera dilengkapi dengan sensor cahaya untuk menyesuaikan brightness secara otomatis.

HUD Nuviz dibekali baterai Li-ion kapasitas 3.250 mAh cukup untuk mengoperasikannya selama 8 jam. Perangkat juga dilengkapi mounting kit agar bisa diterapkan pada berbagai model helm fullface, dan juga untuk menempelkan kontroler untuk berbagai model stang sepeda motor.

HUD Nuviz akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp 9,3 jutaan langsung dari website Nuviz. Untuk permulaan masih dikhususkan untuk kawasan Eropa dan Amerika Serikat, untuk wilayah lain baru akan dimungkinkan pada akhir 2017. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*