HMC Bali 2017: Menantang Kreasi dan Ekspresi Komunitas Modifikasi

0
HMC Bali 2017
Unsur gaya tradisional di salah satu kontestan HMC Bali 2017. Foto: Afid

NaikMotor – Tahun ini penyelenggaraan ajang kontes modifikasi Honda terbesar, Honda Modif Contest (HMC) 2017 bergeser konsepnya membidik kalangan komunitas dan pengguna harian. Di HMC Bali 2017, antusias peserta terbilang tinggi dalam menantang kreasi dan ekspresi komunitas modifikasi.

PT Astra Honda Mtor bekerjasama dengan jaringan distribusinya Astra Motor Bali, baru saja menggelar seri perdana HMC di Lapangan Timur Bajra Sandi Renon, Minggu (11/6/2017). Acara ini mendapat antusias dari peserta sebanyak 147 kontestan, dari kalngan komunitas Honda di Bali dan juga modifikator profesional. Tidak hanya acara kontes modifikasi, HMC Bali 2017 juga menjadi ajang gathering komunitas pemilik motor Honda berbagai tahun pembuatan, kemudian menjadi area ‘Ngabuburit’ sambil nunggu buka puasa, dilanjutkan dengan  nonton bareng MotogP Catalunya.

Menurut Ronaldo Widjaja,  Region Head Astra Motor Bali, ajang HMC Bali 2017  ini menjadi sarana berkumpulnya komunitas Honda dengan gathering, games dan bazaar . “Melalui HMC, kami ingin terus mengedepankan pentingnya modifikasi yang aman dan layak dikendarai.Hal lain adalah mewadahi modifikator muda berbakat dalam berkarya,” sebut Ronaldo.

HMC Bali 2017

Ya, tahun kini target utama yang dibidik oleh HMC adalah bagaimana komunitas Honda mengkreasi ide serta konsep modiifkasi dengan tetap memperhatikan fungsi, estetika, dan detail motornya. Sementara target kedua adalah pengguna harian motor Honda yang ditantang bagaimana mengubah motor peneman aktivitasnya tersebut sesuai kaidah, gaya dan aman. Selanjutnya, Honda tetap mewadahi modifikator-modfikator profesional, yang hidupnya bersumber pada kreativitas membuat karya modifikasi.

 “Peserta kini lebih mudah mengakses semua informasi mengenai semua hal tentang kontes, karena sudah disediakan situs dan sosmed HMC 2017,” jelas Aan Fikriyan, Koordinator HMC 2017. “Padahal format komtes jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini lebih menekankan karya modifikasi untuk harian dan komunitas.”

Salah satu peserta, Alfando Happy Kurniawan berkomentar, ”Jujur sebelumnya sempat baca regulasi keseluruhan.” Alfando yang memboyong custom trial scrambler berbasis Honda CB150 itu melanjutkan, ”Tetapi regulasi baru itu bertujuan sama untuk menghasilkan karya terbaik, pastinya.”

Dari 147 kontestan yang ikut HMC Bali 2017 di enam kelas yakni Matic & Cub Stok, Matic & Cub Advance, Sport Stock, Sport Advance, Free For All (FFA) dan All Stock Advance < 2006, muncul karya-karya baru yang segar mengedepankan berbagai gaya diimbuhi unsur-unsur tradisional khas Bali. Oiya,  kategori penghargaan baru tahun ini adalah Special Achievement, yakni Best Community Fun Competition  dan Best Media Pick. Final Battle sebagai grand final pemenang setiap kota Honda Modif Contest 2017 akan dilangsung pada Oktober 2017, di ajang Honda Bikers Day (HBD)

Acara HMC Bali 2017 juga  diisi dengan tes ride dan edukasi keselamatan berkendara serta beragam aktivitas komunitas Honda, Honda Community Bali (HCB) dan penjualan. (Afid/Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*