NSU 601 OSL SuperSport Pada Perang Dunia II Milik Nazi

0
NSU 601
NSU 601 OSL, supersport untuk militer Nazi, tercepat di zamannya. Foto: Pipeburn

NaikMotor – Sebuah produk sepeda motor Jerman telah impian para Petinggi Nazi, NSU 601 OSL sebab motor itu dilengkapi perangkat untuk adu kecepatan.

Pabrikannya NSU Motorenwerke AG dari Jerman sudah tak dikenal lagi, karena sejak 1969 sudah dilebur menjadi Audi bersama Auto Union AG, Audi sendiri dan Volkswagen. Jadi NSU sudah menjadi bagian dari salah satu lingkaran logo Audi.

Nama pabrikan itupun unik hanya singkatan dari kota tempat NSU bermula yaitu Neckarsulm. Bahkan, awalnya pada 1873 pabrik itupun bukan pabrikan khusus sepeda motor atau mobil, hanya pabrik tekstil. Tetapi kemudian berkembang menjadi pabrik sepeda motor pada 1901, karena event balap motor dunia mulai melanda Eropa dan Amerika.

NSU mulai dilirik ketika Martin Geiger pembalap Inggris menggunakan NSU di Isle of Man TT meski hanya menduduki posisi kelima. Selanjutnya, pada 1930-1950, NSU menjadi merek sepeda motor yang diperhitungkan dunia.

Pada 1930 NSU menjadi pabrikan Jerman pertama yang menggunakan OHV atau Overhead Valve. Konfigurasi katup yang meminimalisir kekurangan side valve yang umum diterapkan pabrikan lainnya, seperti aliran gas yang lambat, bentuk ruang pembakaran terlalu besar, dan kompresi rendah tentunya tenagnya yang dihasilkan side valve pun rendah. Teknisi yang mendesain mesin OHV motor NSU ternyata Walter Moore yang dibajak dari pabrikan Inggris, Norton.

Sebenarnya sebelum mendesain sendiri mesinnya, NSU sangat bergantung suplai desain dan material dari pabrikan BMW dan DKW. Mesin rancangan sendiri itu berbeda dengan suplai kedua pabrikan yang bersilinder ganda, selain itu ketergantungan hanya akan membuat mereka tertinggal dalam kompetisi.

Ketika mesin sendiri sudah bisa diproduksi dan teruji, NSU langsung menawarkan model berkomponen balap, dan berbagai kapasitas yakni, 200, 350, dan 500cc. Kapasitas sesuai dengan kelas kompetisi yang tengah marak itu.

Salah satu model pertama dengan OHV adalah NSU 601 OSL produk 1938. OSL sendiri berarti Overhead Racing Luxury, kapasitasnya 562cc, yang menghasilkan 24 daya kuda @ 3.800 rpm.

NSU 601 OSL dilengkapi Bosch Magnito dan karburator Amal. Bertransmisi 4 percepatan dengan kopling multi plat. Bagian belakang rigid tanpa suspensi dan rangka tubular. Untuk perangkat rem masih menggunakan tromol. Berat motor mencapai 185 kg dan tangkinya berkapasitas 12 liter cukup menjelajah sejauh 240 km.

NSU 601 OSL sejatinya produk sepeda motor non militer dengan kepala silinder berbahan aluminium dan knalpot berlapis krom yang terlihat berkelas pada masanya. Tetapi ketika para petinggi Nazi tertarik dengannya maka akhir 1930-an, Partai milik Hitler itu memerintahkan pembuatan NSU 601 versi militer. Dengan ciri utama adanya jok pembonceng, 2 tas pannier dan knalpot hitam. Tugasnya untuk kurir dan pengawalan petinggi Wermacht (Angkatan Perang Nazi Jerman). Kecepatan puncaknya 130 km/jam cukup cepat pada masa itu. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*