Yamaha Star Venture Touring Cruiser Lawan Sepadan Harley-Davidson Road Glide Ultra

0
Yamaha Star Venture
Yamaha Star Venture mengusik pasar touring cruiser Amerika. Foto: Yamaha

NaikMotor – Yamaha Star Venture diluncurkan di Amerika Serikat, (5/6/2017). Star Venture akan menyasar pasar touring cruiser.

Yamaha tampaknya bergegas menampilkan model cruiser terbaru di Amerika Utara, padahal pabrikan Jepang lainnya masih bertahan dengan model lama. Walaupun pabrikan berlogo garpu tala itu masih menampilkan mesin big V-Twin dan sosok besar. Tidak seperti pabrikan lainnya yang menggunakan mesin 4 in-line atau parallel twin.

Sepertinya Yamaha menantang langsung produk khas Amerika, Harley-Davidson atau Indian. Venture dengan jelas disebut sebagai The Great American Cruiser.

Sosok Star Venture pun dilengkapi dengan side bag dan top bag dengan kapasitas besar, 140 liter, full fairing dan sistem infotainment on-board lengkap dengan layar TFT 7 inci, touch screen dan voice command.

Untuk kemudahan, Star Venture dilengkapi dengan fitur Sure Park, yang memudahkan untuk maju atau mundur dalam kecepatan rendah saat manuver parkir.

Fitur terkini lainnya, ride by wire, cruise control, kontrol traksi, riding mode dan berbagai fitur elektronik lainnya. Fitur kemudahan lainnya seperti pengatur ketinggian windscreen, pemanas grip dan jok pengatur ketinggian jok, sandaran punggung dan dek. Serta mekanikal dengan assist dan slipper clutch yang memudahkan pengoperasian kopling dan gir.

Dengan kapasitas tangki 25 liter diperkirakan Star Venture akan sanggup menjelajah sejauh 300 km. Mesinnya berkapasitas 1.854 cc berpendinginan udara V-Twin tak seperti kompetitornya yang mulai menggunakan radiator. Sehingga bukan saja mulai merasuk celah pasar cruiser khas Amerika saja tetapi sekaligus rasa klasik cruiser Amerika.

Yamaha Star Venture dipasarkan dengan harga Rp425,2 jutaan di Amerika Serikat. Tersedia dalam warna hitam granit atau merah. (Afid/nm)

Spesifikasi Yamaha Star Venture 2018

Mesin V-Twin OHV 8 katup berpendinginan udara
Kapasitas 1.854 cc
Bore 100 mm x stroke 118 mm
Rasio kompresi 9,5:1
Induksi bahan bakar injeksi YCC-T dan D-Mode
Pengapian Transistor Controlled Ignition

Transmisi 6 percepatan manual, dengan assist dan slipper clutch
Penggerak akhir sabuk

Suspensi depan teleskopik 46mm travel 130mm, belakang single shock dengan remote preload adjustment travel 127mm

Rem depan Dual hydraulic disc, 298mm; belakang 320 mm, Unified Brake System dan ABS
Ban depan 130/70R18, belakang 200/55R16 Bridgestone Exedra

Dimensi panjang 2.700mm x lebar 1.013 mm x tinggi 1.409 mm (antena)
Jarak sumbu roda 1.717 mm
Tinggi jok 696 mm
Celah tanah 140mm

Warna Granite Gray dan Raspberry Metallic

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here