SilentHawk, Dirtbike Hybrid Terbaru Pasukan Khusus AS

0
SilentHawk
Pasukan khusus Amerika Serikat akan mendapat motor baru untuk tugas intai atau menjalankan misi senyap di kawasan musuh bernama SilentHawk. Foto:Istimewa.

NaikMotor – Pasukan khusus Amerika Serikat akan mendapat motor baru untuk tugas intai atau menjalankan misi senyap di kawasan musuh. Pentagon berkerjasama dengan Logos Technologies mengembangkan motor dirtbike hybrid untuk militer bernama SilentHawk.

Logos Technologies merupakan perusahaan swasta yang memasok berbagai peralatan kepada militer Amerika Serikat. SilentHawk dikembangkan dari basis Alta RedShift MX besutan Alta Motors, produsen motor listrik di bawah Logos Technologies.

Uniknya, SilentHawk bukan motor listrik murni seperti Zero Motorcycles, tapi berjenis hibrid seperti mobil Toyota Prius. Untuk perjalanan biasa motor bisa diisi pakai bensin, namun jika butuh motor bersuara senyap bisa pakai baterai.

Jika memakai bensin, SilentHawk menghasilkan suara 75dB. Tapi bila hanya menggunakan motor listrik suara yang dihasilkan turun menjadi 55dB, lebih kecil dari suara mesin penyedot debu. Hal ini diklaim bakal memudahkan pasukan untuk masuk ke kawasan musuh tanpa diketahui.

“Secara harfiah, suara paling keras adalah rantainya, dan mungkin kita bisa menggunakan sabuk/belt, meski ada banyak alasan tidak ada yang ingin pakai belt di motor trail,” kata Dzwill, salah satu engineer Logos Technologies.

Keunggulan lain SilentHawk yakni bisa diseting berpengerak dua roda untuk memberikan daya cengkram lebih baik. Dengan bobot hanya 158kg, Alta Motors berencana mengganti mesin pendingin cairan dengan pendingin udara untuk memangkas bobot.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here