IXon Siap Suplai Rompi Airbag untuk MotoGP 2018

0
74
IXon Siap Suplai Rompi Airbag untuk MotoGP 2018
IXon, produsen khusus keperluan riding asal Perancis, memperkenalkan rompi airbag untuk balap. Foto: Istimewa.

NaikMotor – Musim depan MotoGP akan menerapkan peraturan baru, setiap pembalap harus memakai rompi airbag di racing suit mereka. Saat ini, ada dua perusahaan yang diketahui siap menyuplai airbag tersebut yakni Dainese dan Alpinestar.

Namun kini ada pendatang lain bernama IXon, produsen khusus keperluan riding asal Perancis. IXon memperkenalkan rompi airbag untuk balapan. Bahkan musim ini contoh produknya sudah dipakai Bradley Smith dan Alex Espargaro berlaga di MotoGP.

“Musim ini kami ambil Aleix Espargaró dari Alpinestars, ia menemukan punya kami lebih nyaman dan punya volume udara lebih. Selain itu tidak hanya mencakup bahu, tapi bagian lengan atas, tulang rusuk dan tulang punggung,” kata Davide Trolli, Cief Racing Service IXon.

IXon belum memberi nama rompi airbag miliknya. Satu yang diketahui, dalam proses R&D-nya, rompi tersebut sudah di tes oleh 10.000 motoris di seluruh dunia, dan 500 unit diantaranya diberikan gratis dengan nama ‘In Motion Moto Airbag Vest.’

Selain akan masuk ke MotoGP sebagai ajang pembuktian kualitas produk, IXon mengatakan, rompi airbag tersebut bakal dijual untuk umum tahun depan. Soal harga, pabrikan berusaha untuk menekan harga hingga 800 euro atau sekitar Rp 11,9 juta.

Sekilas mengenai rompi airbag IXon, secara keseluruhan beratnya 800 gram atau hampir 1 kg. IXon mengklaim airbag akan terbuka bila sensor merasakan ada tanda-tanda kecelakaan atau tanda tumbukan dan tubrukan dalam waktu 100 milidetik.

Bagi yang belum pernah mendengar, IXon merupakan perusahan produsen apparel yang eksis sejak 20 tahun silam. Kantor pusatnya berada di Macon, utara Lyon, Perancis. Kebanyakan produksi produknya berada di Kamboja, dengan jumlah karyawan sebanyak 400 orang.

Musim ini, IXon menggandeng 10 pembalap, yakni Simone Corsi, Xavier Simeon, Livio Loi, Remy Gardner, Xavi Vierge, Darryn dan Brad Binder, Axel Bassani, Marcel Schrötter, dan pembalap MotoGP Bradley Smith, Alex Espargaro dan Jonas Folger. (Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*