Cedera Otak Serius, Kondisi Nicky Hayden Masih Kritis

0
kondisi Nicky hayden
Kondisi terakhir Nicky Hayden masih kritis dan menderita cedera serius di bagian kepala. Foto: Dok.Crash Media

NaikMotor – Tim Red Bull Honda World Superbike memberikan informasi terbaru perihal kondisi Nicky Hayden. Juara Dunia MotoGP 2006 itu disebut masih kritis dan menderita cedera otak serius akibat benturan di kepala.

Update terbaru Honda yang dilansir pukul 16.00 GMT mengatakan Hayden menderita ‘politrauma serius dengan kerusakan serebral serius’. Kondisi Nicky Hayden sangat kritis setelah tertabrak mobil saat sedang bersepeda.

Pernyataan resmi Tim Red Bull Honda World Superbike:

Team Red Bull Honda World Superbike The Red Bull Honda World Superbike Team would like to share the latest news on Nicky Hayden.

‘As well as having his fiancé Jackie by his side, Nicky has now been joined by his brother Tommy and mother Rose who arrived in Italy from the United States earlier today.

‘Below is a statement on Nicky’s condition from the Maurizio Bufalini Hospital in Cesena, Italy.

“Nicky Hayden’s clinical condition remains extremely critical.

“The young man, who is still in the intensive care unit of Cesena’s Bufalini hospital, has suffered a serious polytrauma with subsequent serious cerebral damage.

“The prognosis remains reserved.”

Terjemahan:

Tim Red Bull Honda World Superbike ingin berbagi berita terbaru tentang kondisi Nicky Hayden.

‘Selain Jackie, tunangannya di sisinya, Nicky kini telah bersama dengan saudaranya Tommy dan ibunya, Rose, yang tiba di Italia dari Amerika Serikat hari ini.

‘Berikut adalah pernyataan tentang kondisi Nicky dari Rumah Sakit Maurizio Bufalini di Cesena, Italia.

“Kondisi klinis Nicky Hayden tetap sangat penting. “Saat ini ia masih berada di unit perawatan intensif di rumah sakit Cesena, Bufenini, menderita politrauma serius dengan kerusakan serebral serius.

“Prognosis tetap ada.”

Bagi yang awan bahasa kedokteran, politrauma atau disebut juga multiple trauma adalah istilah medis yang menggambarkan kondisi seseorang yang telah mengalami beberapa luka traumatis, seperti cedera kepala atau luka bakar serius.

Politrauma biasanya dikategorikan berdasarkan tingkat keparahan yang disebut Injury Severity Score (ISS) atau salam bahasa Indonesia disebut ‘Skor Keparahan Cidera’. Istilah politrauma sendiri makin umum dipakai dokter di AS setelah militer AS menginvasi Irak.

Celebral atau selebral merupakan bahasa latin yang berarti otak. Celebral damage berarti cedera otak, dan cedera otak yang diakibatkan benturan bisa menyebabkan kerusakan otak. Bahkan dalam beberapa kasus terburuk menyebabkan degenerasi sel otak.

Sedangkan prognosis adalah kemungkinan gangguan yang terjadi pada cedera. Hal ini sangat bergantung pada sifat, lokasi, dan penyebab kerusakan otak. Sebab tiap penyebab beda hasilnya, seperti cedera otak fokal, maupun cedera otak primer dan sekunder.

Seperti diberitakan sebelumnya, Nicky Hayden terlibat tabrakan serius dengan sebuah mobil merek Peugeot saat bersepeda di Pantai Rimini, Italia, Rabu (17/6/2017). Insiden ini mengakibatkan ia mengalami luka serius di bagian dada dan kepala.

Hayden yang sedang mengendarai sepeda bersama rekan lainnya tertabrak cukup keras. Saking kerasnya, tabrakan tersebut membuat tubuh pembalap 35 tahun ini terlempar hingga jatuh kembali di kap mobil dan memecahkan kaca depan.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here