Jelang MotoGP 2017 Le Mans Michelin Menyiapkan Ban Asymmetrical Baru

0
Le Mans Michelin Menyiapkan Ban Asymmetrical Baru
Ban Asymmetrical baru dengan sisi kanan lebih keras disiapkan Michelin khusus MotoGP 2017 Le Mans. Foto: Michelin

NaikMotor – Pelaksanaan FIM Road Racing World Championship 2017 seri Perancis akan dimulai 19-21 Mei 2017 mendatang. Untuk menghadapi MotoGP 2017 Le Mans Michelin menyiapkan ban asymmetrical baru.

Michelin sebagai pemasok ban MotoGP 2017 telah mempersiapkan yang terbaik, karena seri balapan motor dunia itu berada di Perancis, tanah air mereka. Sejak beberapa waktu sebelumnya mereka telah melakukan uji di Le Mans untuk mengumpulkan basis data penting, sebab sirkuit pun ternyata telah dilapis ulang aspalnya. Meski dalam pengujian itu, Michelin hanya memanfaatkan beberapa pembalap yang itu pun tak disebutkan siapa saja.

Le Mans Michelin Menyiapkan Ban Asymmetrical Baru

Entah menjadi berkah atau musibah, ternyata cuaca pun kurang mendukung saat pengujian berlangsung. Meski demikian beberapa data masih bisa mereka dapatkan yang memungkinkan para engineer di Clermont-Ferrand bisa mengambil keputusan akan struktur ban yang akan diterapkan pada MotoGP di Le Mans itu.

Para pembalap yang mengetes trek itu memang menyatakan hal positif akan lapisan baru trek yang mulus dan membuat grip lebih baik baik saat kondisi basah maupun kering.

Michelin, sebagai pemasok ban MotoGP akan membawa 3 tipe kompon: lunak, medium, dan keras baik untuk ban depan maupun ban belakang. Untuk menghadapi MotoGP 2017 Le Mans Michelin menyiapkan ban asymmetrical baru. Khusus pada ban berkompon keras baik untuk bagian depan dan belakang akan memiliki konstruksi asymmetical dengan sisi kanan lebih keras. Sementara ban untuk hujan hanya ada dua tipe kompon: lunak atau medium.

Pada MotoGP 2016 Le Mans opsi kompon keras tak tersedia, meski di seri berikutnya di Mugello beberapa pembalap menginginkannya.

“Seri Le Mans sangat penting karena itu kampung halaman kita, sehingga banyak harapan untuk diraih. Publik Perancis sangat partisan dan akan mendukung kami, sehingga kami harus perform di hadapan mereka,” ujar Piero Taramasso, Motorcycle Manager Michelin.

“Kami telah melakukan pengetesan awal bulan ini, untuk mencoba permukaan baru trek Le Mans dan mengumpulkan data sebanyak mungkin untuk kompon yang akan kami buat saat kembali ke pabrik di Clermont-Ferrand dan menyiapkan serangkaian ban yang akan memberikan performa optimal di Sirkuit Terkenal ini. Aspal yang baru akan membuat grip saat basah dan kering bagus, sebab saat pengujian pagi sempat turun hujan, ban tetap melekat. Selain itu, Le Mans memiliki cuaca yang mudah berubah.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY