Ini Cara Mudah Mengenali Pelumas yang Bagus

0
Mengenali Pelumas yang Bagus
Pelumas yang menghitam dalam penggunaan belum tentu kurang bagus. Foto: istimewa

NaikMotor – Ternyata mengenali pelumas yang bagus cukup mudah seperti yang diungkap oleh Technical Specialist Integrated Lubricant Marketing Academy (ILMA), PT Pertamina Lubricants, Agung Prabowo.

Pe!umas memiliki peran penting bagi sebuah mesin selain untuk membuat kinerjanya lebih efisien, pelumas mencegah keausan dan mengurangi gesekan anta komponen. Selain itu menurut Agung Prabowo pelumas memiliki peran pembersih, yang akan memperpanjang ketahanan mesin, membersihkan kontaminan, dan mencegah korosi. Fungsi penting lainnya sebagai pendinginan adalah mentransfer panas mesin.

Mengenali Pelumas yang Bagus

Untuk mengenali pelumas yang bagus cukup dalam langkah sederhana berikut:

Perhatikan secara fisik, jika setelah digunakan sejauh 1.000-1.500 km warnanya tetap jernih, berarti pelumas tidak berfungsi dalam membersihkan kotoran dalam mesin. Kotoran itu terbentuk akibat saat langkah pembakaran mesin, sebagian sisa masuk ke ruang crankcase dan bercampur dengan pelumas.

Cara berikutnya soal kental atau encer, jika warnanya berubah kecoklatan tetapi tetap encer seperti baru itu menunjukkan pelumas bermutu baik. Karena aditif deterjen telah berfungsi dengan baik membersihkan bagian-bagian mesin yang dilumasi.

Perlu diketahui penggunaan pelumas yang berkualitas rendah, maka mesin akan cepat mengalami keausan, dan umur mesin menjadi lebih pendek. Sementara untuk penggunaan pelumas yang tepat, bacalah terlebih dahulu buku pedoman kepemilikan kendaraan atau owner’s manual book. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*