Insiden Mendorong Bautista, Miller Didenda 1000 Euro, Ini Pembelaannya

0
Miller Didenda 1000 Euro
Aksi tidak terpuji MIller terhadap Bautista di Jerez berujung denda 1000 Euro. Foto: Speedweek

NaikMotor – Rangkaian drama mewarnai seri keempat MotoGP di Jerez, Minggu (7/5/2017). Salah satunya aksi tidak terpuji Jack Miller yang terjatuh bersama Alvaro Bautista kemudian mendorongnya di gravel. Atas kejadian ini, Miller didenda 1000 Euro oleh race direction.

Saat balapan berlangsung tiga lap, Jack Miller tengah berada di posisi kesepuluh di depan Petrucci dan Bautista. Namun, menjelang lap ketujuh di tikungan pertama, Miller bersama Bautista terlempar keluar lintasan. Namun, tidak disangka Miller bangkit kemudian mendorong badan Bautista hingga terjatuh dan menendang motornya. Tentu saja kejadian tersebut membuat Miller didenda 1000 Euro atau sekitar Rp 15 juta oleh pimpinan lomba. Apa penyebabnya?

“Saya berada di jalur, seperti halnya saat di babak kualifikasi, tapi dia masih ingin masuk,” kata Miller. “Semua orang tahu bahwa hampir tidak ada yang bisa mengerem lebih dari saya. Saya sadar bahwa dia tidak akan pernah bisa memperlambat motornya. Saat itu saya sudah berada di tengah tikungan, tapi motor Bautista masih lurus ke depan dan kehilangan roda depannya menyentuh saya,”beber Miller.

“Saya mendorongnya, saya tahu ini bukan cara yang tepat untuk melakukan insiden seperti itu. Itu hanya ungkapan frustrasi saya. Dalam beberapa putaran awal, begitu banyak lawan mencoba menghentikan saya dan mendorong keluar. Saya sudah merasakan tiga kali rider lain mendorong saya keluar sebelum Bautista. Keempat kalinya, itu terlalu banyak,” tambah Miller lagi.

Sementara Bautista mengecam tindakan Miller karena sangat jelek untuk citra olahraga. “Fakta bahwa dia menendang motor saya setelah itu lebih buruk ketimbang dorongnya terhadap saya,” kata pembalap Spanyol asal tim Aspar Ducati.

Keduanya telah menyelesaikan masalah tersebut di paddock. “Memang benar bahwa pada awal balapan, beberapa pembalap mendorong yang  lain keluar dari jalur. Tapi saya balapan dengan normal di jalur saya. Saat itu saya mencoba menyalip Miller dan berada di sisi tikungan. Saya mencoba menggeser roda depan, sayangnya sudah terlanjur dan mengenainya, hal seperti itu bisa terjadi, ” bela Bautista.

“ Saya tidak ingin menilai apakah dia pantas menerima hukuman atau tidak, terserah kepada orang-orang yang pantas memutuskan, saya tidak akan pernah melakukan hal seperti itu karena ini adalah kecelakaan balapan. Jack meminta maaf kepada saya  soal dorongnya, dia mengerti penjelasan saya,” sebut Bautista.

Atas denda 1000 Euro, Miller berharap bosnya, Marc van der Straten akan membayar hukuman atas kejadian yang menimpanya. (Arif/nm)

 

LEAVE A REPLY