9 Tips Agar Sepeda Motor Selalu Prima, Perhatikan Langkah Berikut

0
Tips Agar Sepeda Motor Selalu Prima
Ada 9 langkah yang bisa dilakukan untuk merawat sepeda motor tetap prima. Foto: Dok.NMC

NaikMotor – Dalam sebuah talkshow yang diselenggarakan mobil123.com beberapa waktu lalu, Technical Specialis Integrated Lubricant Marketing Academy (ILMA), PT Pertamina Lubricants, Agung Prabowo memaparkan tips agar sepeda motor selalu prima dengan 9 langkah berikut:

Motor Selalu Prima Dengan 9 Langkah

Cek Kondisi Pelumas
Pelumas sangat penting perannya dalam melumasi komponen pada mesin, membersihkan kerak sisa pembakaran atau kotoran, sekaligus mengurangi keausan komponen itu sendiri. Jika sudah berwarna kehitaman, ganti segera pelumas secara berkala dan gunakan rekomendasi dari pabrikan.

Cek Kondisi Aki
Jangan biarkan air aki melewati batas maksimum dan minimum, tambahkan air aki kemasan biru pada pagi hari (aki cairan elektrolit/basah). Jangan biarkan aki lemah, sebab jika tidak segera diganti akan ada efek negatif. Perlu diingat sepeda motor produk terkini sangat bergantung pada listrik dari aki terutama saat penyalaan.

Periksa Rantai dan Gir atau Sabuk CVT
Jangan biarkan rantai dan gir terlalu kendor atau kencang, cek kondisi gir, jika sudah tajam segera diganti karena akan memudahkan rantai terlepas atau putus, berbahaya. Demikian dengan sabuk pada CVT skuter matik, jika sudah getas segea ganti, umumnya sabuk CVT perlu diganti setiap 24.000 km.

Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi, cepat ganti jika sudah retak atau berumur. Perhatikan busi jika sudah kotor segera bersihkan atau ganti jika sudah berumur. Perhatikan kode busi sesuai standar pabrikan jika mengganti baru. Fungsi busi adalah sumber api yang vital bagi pembakaran mesin pada motor.

Perhatikan Selang Bensin
Selang bensin juga rawan bocor karena umur, perhatikan jika sudah ada retakan. Selang saluran bahan bakar akan rawan buntu terutama jika sering menggunakan bahan bakar bensin bukan dari SPBU. Efek lainnya menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

Panaskan Motor Secukupnya
Panaskan motor secukupnya agar tidak membuang bensin secara sia-sia, untuk motor yang jarang dipakai lakukan pemanasan rutin, agar oli tidak mengental. Jika demikian sering menyimpan motor dalam jangka waktu lama lakukan pergantian oli sesuai rekomendasi pabrikan dalam kurun waktu bulan/minggu tidak berdasarkan jarak tempuh atau odometer.

Periksa Tekanan Angin Ban
Cek tekanan angin ban sesuai yang direkomendasikan parikan, jika terlalu kencang tidak nyaman, terlalu rendah pun hanya akan memboroskan bahan bakar.

Gunakan Selalu Spare Part yang Asli
Gunakan spare part sesuai rekomendasi pabrikan termasuk oli yang digunakan jangan berpatokan pada merek tetapi pada tingkatan mutu yang tercantum dalam buku petunjuk kepenilikan motor atau owners manual book.

Jangan Lupa Mencuci Motor
Rutin mencuci sepeda motor akan membuatnya terlihat baru terus, sekaligus memudahkan pemeriksaan jika ada kebocoran oli atau bensin. Saat mencuci jangan menyemprot bagian karburator atau kelistrikan dengan kencang serta knalpot.

Demikian 9 tips agar sepeda motor selalu prima dengan memperhatikan langkah-langkah di atas kemudian dilakukan secara rutin. (Afid/rls/NM)

LEAVE A REPLY

*