Water Decal, Alternatif Baru Percantik Bodi Motor

0
Water Decal, Alternatif Baru Percantik Bodi Motor
Ronita Digital Printing memberikan alternatif percantik ekstrior motor lewat cara pengecatan digital alias water decal di IIMS 2017. Foto: Gilang

NaikMotor – Bosan dengan kelir motor atau helm kesayangan tapi tidak ingin cat ulang maupun air brush? Bisa kok, kini ada alternatif baru untuk mempercantik eksterior menggunakan water decal. Hasil kerjanya dijamin sama seperti cat, air brush, maupun stiker.

Water decal sebetulnya telah lama digunakan industri untuk mencetak grafis di batok helm. Prosesnya tidak jauh berbeda seperti pemasangan stiker. Bedanya, water decal menggunakan kertas khusus yang di print, kemudian kertas dicelupkan ke air, ditempel ke bodi dan dipernis.

Imam Syahroni, owner Ronita Digital Printing yang buka booth di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di Hall C1, JI Expo Kemayoran, mengatakan, water decal bisa jadi pilihan praktis selain cat dan punya keunggulan dibanding stiker karena lebih kuat perubahan suhu.

Water Decal, Alternatif Baru Percantik Bodi Motor

“Kalau stiker rentan cuaca. Perbedaan panas dan dingin membuat stiker getas atau berubah. Beda dengan water decal, dia lebih kuat, jika sudah menempel tidak akan berubah. Water decal bisa tahan satu sampai tiga tahun kalau perawatannya bagus,” katanya kepada NaikMotor.com.

Meski proses pemasangannya mirip dengan stiker, tetap ada perbedaan. Imam mengatakan bodi yang akan ditempel water decal harus di amplas supaya kertas bisa merekat sempurna. Kemudian setelah kering, permukaan disemprot pernis untuk melindungi dan mengilapkan.

Water Decal, Alternatif Baru Percantik Bodi Motor

Soal harga Ronny tidak mematok banderol khusus. Namun sebagai acuan, pemasangan water decal untuk full bodi motor sport semisal Honda CBR250RR bisa ditebus sekitar Rp 5,5 juta, bebek sekitar 3,5 juta dan helm Rp 1,2 jutaan. Bisa lebih mahal jika konsumen ingin grafis lebih sulit karena proses kreatifnya juga berbeda.

“Untuk satu bodi motor full paling cepat sekitar 2 minggu tapi bisa juga sampai 1 bulan tergantung tingkat kesulitan pengerjaan juga. Awalnya kita mengerjakan water decal buat helm, tapi sekarang merambah juga untuk bodi motor dan lainnya,” pungkas pria ramah ini. (Agl/NM)

Ronita Digital Printing Alamat: Jl Raya Buaran Viktor-BSD, Gang Mawar No 121, Desa Buaran Gardu, Serpong, Tangerang Selatan. Telepon: 081210987567/087808286804

LEAVE A REPLY

*