Prediksi MotoGP Argentina, Momentum Pertarungan 3 Manufaktur

0

Prediksi-MotoGP-Argentina-1

Argentina (naikmotor) – Jika Marc Marquez sudah sepakat untuk melupakan pencapaiannya di MotoGP Qatar, maka Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi sudah harus mengalihkan fokus ke putaran selanjutnya yaitu MotoGP Argentina  di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada Minggu 19 April mendatang.

Tapi jangan lupa, duo pembalap Ducati yang sekarang bakal ancaman besar kedua tim pabrikan di atas. Meski jatah kapasitas bbm mereka terpangkas 2 liter, namun performa terbaik Ducati semakin terlihat. Dalam dua seri terakhir Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, selalu tampil mengesankan di urutan depan.

Lalu seperti apa momentum pertarungan yang bisa terjadi di MotoGP Argentina nanti? tentunya banyak sisi yang bisa dicermati. Termasuk desain dan layout sirkuit yang didominasi tikungan-tikungan cepat. Artinya pembalap dan setup motor yang tepat bakal kembali jadi syarat utama. Yuk kita ulas tiga tim yang punya pengaruh besar, yaitu Honda, Yamaha dan Ducati.

Honda

Tidak bisa dipungkiri Marc Marquez meraih lap tercepat saat sesi kualifikasi dengan 1:37.683. Kemudian pada saat balapan berlangsung, Dani Pedrosa malah mencetak fastest lap dengan 1:39.233. Artinya, meski layout sirkuit menyajikan karakter tikungan cepat alias rolling speed, namun pembalap Honda tak terlihat kesulitan menghadapinya.

Dan itu bisa terulang kembali tahun ini. Apalagi di tes resmi pramusim 2015, Honda lebih fokus pada riset di tikungan dengan karakter cepat.

Yamaha

Kalau mau berbicara tentang stabilitas motor dan kecepatan menikung terbaik di tipe tikungan cepat, Yamaha tak usah diajari. Sama saja menggarami air laut. Sebab performa mereka memang kuat di zona ini. Tapi fakta yang ada tahun lalu, sulit terelakkan. Baik Valentino Rossi maupun Jorge Lorenzo, tak mampu finish di depan duo pembalap Repsol Honda.

Tapi tahun ini tentunya beda. Rossi mulai tampil lebih superior, dan sirkuit ini bisa menjadi letak kekuatan barunya. Selama Ia mampu memanfaatkan performa ban dengan bijak, rasanya kasus ban depan yang hilang grip takkan terjadi lagi.

Ducati

Tim yang paling membuat penasaran adalah tim Ducati. Tahun ini Dovi dan Iannone benar-benar bisa mengeksplorasi performa motornya. Namun sekarang, tim ini akan masuk daftar pembalap yang bakal bertarung untuk meraih kemenangan. Review hasilnya bisa dilihat tahun lalu.

Dimana Ducati dengan motor yang masih belum benar-benar kompetitif, mampu membuat kedua pembalapnya finish di posisi 6 dan 9. Apalagi dengan paket motor baru ini, kalau tidak gegabah, keduanya bisa tampil di podium lagi. Jadi siapa yang bakal meraih kemenangan? kita lihat saja nanti! (Spy/NM) Foto:Dorna MotoGP

LEAVE A REPLY

*