Honda New CB650F Hadir Lebih Bertenaga

0
Honda New CB650F Hadir Lebih Bertenaga
Honda New CB650F hadir di IIMS 2017. Foto: Prob

NaikMotor – Honda New CB650F secara resmi dirilis Astra Honda Motor (AHM)  di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Meski tidak banyak berubah dari model sebelumnya, namun upgrade yang dilakukan cukup banyak.

Paling kentara yaitu aplikasi suspensi Showa Dual Bending Valve (SDBV) 41 mm di shock depan. Honda mengklaim, suspensi baru ini akan memberikan rebound yang proporsional. Hasilnya handling motor jadi lebih baik dan mudah dikendalikan.

Honda New CB650F Hadir Lebih Bertenaga

Upgrade lain yaitu mesin yang lebih bertenaga sekitar 3 persen dari model lama. Caranya Honda memperbaiki pengaturan debit udara masuk dan keluar di ruang bakar. Alhasil, mesin DOHC 16 katup 4-silinder tersebut mampu meletupkan tenaga puncak 68,4 kW pada 11.000 rpm dan torsi 63,2 Nm pada 8.000 rpm.

Honda mengatakan, peningkatan tenaga New CB650F mulai dapat dirasakan saat motor menyentuh putaran 5.000 rpm. Akselerasinya pun dijamin lebih ‘ngejambak’ karena pabrikan memperpendek rasio gigi 2 dan 5. “Yang sekarang lebih kencang, dapat dirasakan dari gigi 2 kecepatan 60 km/jam,” kata Honda.

Honda juga turut merubah dinding piston. Dindingnya dibuat asimetris yang diklaim mengurangi gesekan dengan piston. Meski acuannya sederhana, trik ini mampu mengurasi friksi dan pemakaian oli, yang pada akhirnya berimbas meningkatkan perpindahan panas.

New CB650F hadir degan tambahan dua pilihan warna baru, Millenium Red dan Matte Gunpowder Black. Harga dilepas Rp 235 juta on the road (OTR) Jakarta. Konsumen yang tertarik sudah bisa memesan di IIMS 2017, namun unit diperkirakan baru tersedia pertengahan Juni mendatang. (Prob/ nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here