Tips Perawatan Motor Pasca Banjir

0
Tips Perawatan Motor Pasca Banjir
Saat banjir air dapat membasahi busi atau masuk ke ruang bakar lewat knalpot. Jika hal itu sudah terjadi, motor dipastikan bakal mogok. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor – Meski sudah memasuki akhir musim penghujan, namun hujan lebat kadang masih mengguyur sejumlah wilayah Indonesia hingga mengakibatkan banjir.

Kondisi banjir tentu sangat merugikan. Bagi pengendara motor, banjir merupakan momok. Air dapat dengan mudah membasahi busi atau masuk ke ruang bakar lewat knalpot. Jika hal itu sudah terjadi, motor dipastikan bakal mogok.

Menanganinya ada solusi cukup mudah. Untuk melindungi busi bisa dengan menyemprotkan WD-40 pada busi atau rumah busi. Karena formula WD-40 dapat menghilangkan kelembapan, serta water repelant alias membuat barang jadi tahan air.

“WD-40 dapat diaplikasikan pada busi sebelum atau sesudah terkena banjir. Cukup semprotkan WD-40 pada busi dan rumah busi motorĀ Anda untuk mencegah mesin motor mogok,” klaim WD-40.

Selain sebagai penghilang kelembapan, WD-40 juga memiliki 4 keunggulan lain, yaitu melumasi, membersihkan, penetrasi dan melindungi dari korosi alias anti karat.

Berikut rincian kelima fungsi tersebut:

  1. Menghilangkan kelembaban: berguna untuk melindungi busi dan rumah busi dari air atau kelembaban sehingga dapat mencegah kendaraan mogok saat berkendara pada saat hujan.
  2. Melumasi: berguna untuk melumasi bagian engsel motor, seperti kopling dan kopling tangan, dan dapat juga digunakan untuk membersihkan rantai sebelum pelumas rantai WD-40 diaplikasikan untuk memaksimalkan pelumasan dan rotasi pada rantai.
  3. Membersihkan: berguna membersihkan seluruh bagian badan motor, terlebih di saat hujan dan kotoran seperti, aspal, debu dan lain sebagainya, menempel pada bagian badan motor.
  4. Penetrasi: formula WD-40 mudah masuk ke dalam celah terkecil, memdudahkan membuka baut yang keras atau benda sulit dibuka karena terkena air kotor dan bercampur dengan oli basah.
  5. Melindungi: penggunaan WD-40 secara teratur dapat mencegah karat dan korosi pada mesin. Keunggulan ini diklaim hampir tidak dimiliki oleh kompetitor lain. (Prob/ NM)

LEAVE A REPLY

*