Suzuki Burgman Hybrid Mesin-Listrik Telah Dipatenkan

0
Suzuki Burgman Hybrid
Suzuki Burgman Hybrid Mesin-Listrik telah dipatenkan, dengan suspensi depan linkage. Foto: Suzuki

NaikMotor – Suzuki tengah mengajukan aplikasi paten skuter two-wheel drive. Model yang ditengarai sebagai Suzuki Burgman Hybrid mesin-listrik itu didaftarkan di Badan Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Skuter matik dengan motor listrik terpasang di hub roda depan itu akan dibantu pergerakannya oleh roda depannya kelak. Dalam aplikasi skuter matik two wheel drive itu akan menggunakan penggerak utama mesin bensin ke roda belakang, sementara motor-hub akan menambah daya dorong di bagian depan.

Pada dokumen paten memang digambarkan sebuah skuter yang diduga Burgman 200 tetapi dengan bagian depan berbeda. Roda depannya dipasang pada swing arm dengan motor-hub di sisi kiri, sementara shockabsorber dan rem di bagian kanan.

Suzuki Burgman Hybrid

Paten itu lebih berfokus pada distribusi berat antara sisi kiri dan kanan roda tetapi sayangnya, performa motor listrik di hub roda depannya tak dijabarkan. Serta tak disebutkan pula bagaimana motor-hub mulai bekerja nanti.

Dokumen itu hanya menjelaskan bagaimana mesin menggerakkan roda belakang, sementara komponen atau modul yang diletakkan pada bodi skuter atau terintegrasi dengan swingarm belakang bisa saja ditambahkan di sana.

Ada konstruksi lain yang dijelaskan dalam dokumen itu, yakni swingarm ikut ditautkan pada garpu depan yang kaku dilengkapi engsel. Sementara peredam kejut diletakkan pada garpu kanan atas dengan swingarm sisi kkanan dengan titik tautan di di atas as roda.

Cakram rem dan kaliper juga diletakkan di kanan, untuk distribusi berat yang merata dan mudah untuk mengakses sistem rem bawah dan peredam kejut. Sementara sebuah motor litrik diletakkan di sisi kiri. Motor listrik itu terhubung dengan sistem gir planet akan menggerakkan roda depan.

Dalam dokumen terdapat pula versi lainnya, hanya saja dengan motor listrik yang lebih ramping dengan hub motor dan rotor diletakkan di luar stator. Versi kedua ini juga menunjukkan kaliper rem depan yang dipasang pada batang link daripada di swingarm.

Tetapi jika mengingat pada model Burgman sebelumnya digerakkan fuel cell, yang sudah diuji jakan sejak akhir 2015. Skuter maxi Suzuki itu memang selalu menjadi objek paten atau konsep Suzuki, tetapi apapun modelnya, setidakmya pabrikan berlogo S itu tengah mengembangkan bisnis produknya.

Tetapi Suzuki Burgman Hybrid mesin-listrik bukan satu-satunya model berpenggerak hybrid demikian, sebelumnya BMW Motorrad telah menerapkan pada R1200GS x-Drive Hybrid AWD. Jika BMW menggunakan motor listrik produk Wunderlich, pada Burgman sepertinya mirip produk Toyota. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here